Tak harus Jadi psikolog, ini alasan belajar psikologi

3 mins read
Belajar psikologi
Ilustrasi dari Unsplash.com

ZONAUTARA.com – Banyak orang yang menganggap bahwa ilmu psikologi itu hanya untuk dipelajari orang-orang tertentu.

Banyak pula yang berpikir bahwa mempelajari psikologi tujuannya agar kelak menjadi psikolog atau setidaknya menjadi konselor.

Psikologi memang soal mengetahui relasi antar sesama manusia. Orang yang bermasalah dengan hubungan sesama manusia biasanya mencari psikolog atau konselor, agar dia bisa mencari jalan keluar atas persoalan relasi yang sedang dihadapinya.

Namun memahami relasi antar manusia bisa dimulai dengan memahami diri sendiri, yang akan menjadi jalan membuka pikiran dan wawasan dalam bersosilisasi dengan orang lain.

Oleh sebab itu mempelajari ilmu psikologi menjadi hal lumrah termasuk bagi orang awam sekalipun.

Orang yang mempelajari psikologi, akan belajar terlebih dulu tentang dirinya sebagai manusia, sebelum melangkah untuk memahami relasi dirinya dengan manusia lain.

Setiap manusia itu unik, diberkahi dengan kepribadian yang juga unik. Kepribadian tak hanya dibentuk oleh satu faktor, tetapi ditempah oleh berbagai pengalaman. Dengan mempelajari psikologi, kita akan memahami kepribadian kita sendiri.

Baca Pula:  WhatsApp: begini mencari pesan lama

Dalam perjalanan hidup, acap kali kepribadian kita diuji oleh berbagai masalah dan persoalan. Seseorang akan bisa secara dewasa menyelesaikan masalah dan persoalan hidupnya, jika dia memahami dengan tepat kepribadiannya. Disinilah salah satu peran penting belajar psikologi. Sebab menyelesaiakan masalah butuh psikologi kejiwaan dan pendidikan.

Pemahaman akan psikologi juga akan membuka ruang kreatif untuk menyelesaiakan permasalahan hidup.

Psikologi juga menjadi pelajaran yang sangat penting saat sedang menempuh pendidikan, terutama saat sedang menyelesaikan kuliah.

Kadang seseorang yang terhambat dalam mengikuti pelajaran dianggap bodoh. Padahal belum tentu kebodohan menjadi alasan utama seseorang lambat dalam proses belajar. Bisa jadi ada faktor kejiwaan dan kepribadian.

Ilmu psikologi akan memberitahu, faktor apa saja yang menghambat proses pendidikan dan belajar itu. Psikologi akan membantu memetakan kemampuan dan prestasi akademik, serta dapat menemukan metode belajar yang paling tepat.

Baca Pula:  Gedi, Sayur Yang Populer Di Manado Ini Ternyata Banyak Khasiatnya

Di dunia pendidikan, psikologi menjadi sangat penting digunakan untuk memetakan kemampuan akademik peserta didik. Sejatinya setiap peserta didik butuh pendekatan yang berbeda. Psikologi memberi jalan untuk memahami karakter personal peserta didik.

Saat sekarang, belajar psikologi tak perlu harus menunggu hingga kuliah. Banyak sumber yang bisa diakses untuk belajar psikologi. Pun, kini tersedia modul-modul belajar yang mudah dipahami dan ditulis dengan bahasa yang populer.

Salah satu sumber untuk belajar psikologi adalah Kampus Psikologi, yang bisa diakses melalui websites mereka yang menyediakan beragam pengetahuan tentang psikologi. Belajar psikologi pun menjadi mudah dan menyenangkan.

Kehadiran Kampus Psikologi yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, membuka peluang bagi remaja sekalipun untuk belajar tentang ilmu psikologi.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com