4 orang dilaporkan tewas saat unjuk rasa di Myanmar

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
People in Yangon set up a barricade during a protest against the military coup on Saturday. Photograph: Anadolu Agency/Getty Images



ZONAUTARA.comPolisi di Myanmar telah menembakkan gas air mata, dan tembakan ke udara dalam upaya untuk meredam unjuk rasa besar anti-kudeta. Tindakan ini merupakan yang paling keras dan agresif sejak militer merebut kekuasaan.

Empat orang dilaporkan tewas dalam tindakan kekerasan itu, termasuk tiga pria di kota selatan Dawei, di mana setidaknya 20 lainnya terluka menurut AFP. Seorang pria juga tewas di Yangon, sementara beberapa lainnya luka-luka. Petugas medis yang melakukan pemogokan sebagai protes terhadap kudeta militer kembali bekerja di departemen darurat rumah sakit umum Yangon untuk merawat yang terluka.

Unggahan di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa di Yangon membawa orang-orang yang berlumuran darah ke tempat yang aman, dimana seorang pria terbaring tak bergerak di jalan. Tidak jelas apakah yang terluka terkena peluru tajam, namun peluru tajam dilaporkan ditembakkan ke Hledan Junction, tempat berkumpulnya orang-orang yang memprotes kudeta militer, dan di kota Thaketa di kota.

Di tempat lain di pusat kota Yangon, sekitar 10.000 pengunjuk rasa, disambut dengan gas air mata.

“Polisi mulai menembakkan (gas air mata) ke arah kami sekitar jam 9 pagi. Kami semua lari. Saya tidak tahu harus berbuat apa sekarang. Saya akan menunggu di sini sebentar dan melihat. Benar-benar buruk, itu menakutkan,” kata seorang pengunjuk rasa yang berada di antara kerumunan, dan yang mengungsi di rumah seorang warga, dikutip dari The Guardian. 

Banyak dari mereka yang turun ke jalan mengenakan masker, topi, dan kacamata untuk perlindungan, menyusul respons yang semakin kejam oleh polisi pada hari Sabtu, ketika gas air mata dan peluru karet digunakan untuk membubarkan massa. Menurut televisi MRTV yang dikelola pemerintah, lebih dari 470 orang ditangkap pada protes hari Sabtu.

Pada hari Minggu, warga bergegas membangun blok jalan darurat. Di atas tumpukan puing yang digunakan untuk menutup jalan, pengunjuk rasa meletakkan poster Aung San Suu Kyi, bertuliskan: “Dia adalah satu-satunya keyakinan kami.”

Seorang guru di Yangon mengatakan dia terbangun karena pesan dari murid-muridnya yang mengucapkan selamat tinggal jika mereka terbunuh saat melakukan protes. “Seseorang mengirimi saya pesan dan berterima kasih atas dukungan saya selama bertahun-tahun, diakhiri dengan ‘kami mencintaimu, selamat tinggal untuk saat ini’ sambil berlindung dari tembakan polisi,” katanya.

Dia menambahkan bahwa seorang teman dokter, yang telah pensiun, “mengenakan kembali jas putihnya untuk menyelamatkan nyawa hari ini bersama dokter lain”.

Rekaman media sosial menunjukkan petugas medis dengan jas lab putih melarikan diri ketika polisi melemparkan granat setrum di luar sekolah kedokteran di kota.

“Kami di sini untuk melindungi orang,” kata seorang siswa di pusat kota Yangon, yang membawa perisai tipis yang terbuat dari tangki air. “Kami pikir militer akan datang dari Sule (pagoda). Di mana pun orang perlu dilindungi, kami akan pergi. Ini untuk masa depan kita. Kami harus menang.”

Militer telah menghadapi oposisi publik yang besar setelah merebut kekuasaan dari pemerintah Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis, menahannya dan politisi lain dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi. Mereka menuduh NLD, yang memenangkan pemilihan tahun lalu, melakukan kecurangan, klaim yang belum terbukti.

Militer, yang sebelumnya menguasai negara itu selama setengah abad, berjanji akan mengadakan pemilihan umum dalam waktu satu tahun. Para pengunjuk rasa tidak yakin dengan janji tersebut dan menuntut pembebasan pemimpin terpilih mereka.

Selama tiga minggu terakhir aksi unjuk rasa telah diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri, dimana ratusan ribu orang turun ke jalan. Sementara itu, pemogokan nasional yang mendapat dukungan dari dokter, insinyur, pekerja kereta api dan petani, telah membuat negara terhenti, melumpuhkan junta militer.

Pada Jumat malam, Duta Besar Myanmar untuk PBB, Kyaw Moe Tun, memberikan pidato emosional yang menyerukan tindakan internasional untuk memulihkan demokrasi dan melindungi rakyat. Pada Sabtu malam, MRTV, saluran televisi yang dikelola pemerintah Myanmar, mengumumkan bahwa dia telah diberhentikan dari jabatannya, menyatakan bahwa dia telah menyalahgunakan kekuasaannya dan berperilaku buruk dengan tidak mengikuti instruksi pemerintah.

Aung San Suu Kyi tidak terlihat di depan umum sejak kudeta, dan pengacaranya mengatakan dia tidak dapat bertemu dengannya. Dia dituduh mengimpor walkie-talkie secara ilegal dan melanggar undang-undang bencana alam dengan melanggar batasan virus corona. Sidang pengadilan berikutnya diharapkan diadakan pada hari Senin. Jika terbukti bersalah atas dakwaan tersebut, dia dapat dicegah untuk mencalonkan diri dalam pemilihan mendatang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com