Short story, Presiden AS: Chester A. Arthur (1881-1885)

  • Share
Presiden AS ke-21 Chester Alan Arthur
Presiden AS ke-21 Chester Alan Arthur (Foto: Britannica)

ZONAUTARA.comChester Alan Arthur (5 Oktober 1829 – 18 November 1886) adalah seorang politikus Amerika Serikat yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang kedua puluh satu.

Arthur adalah anggota Partai Republik dan bekerja sebagai pengacara sebelum menjadi wakil presiden kedua puluh di bawah James Garfield. Sementara Garfield terluka parah karena Charles Guiteau pada tanggal 2 Juli 1881, dan tidak meninggal sampai 19 September, pada saat itu Arthur dilantik sebagai presiden, menjabat sampai 4 Maret 1885.

Sebelum memasuki politik, Arthur adalah anggota dari faksi pendukung Partai Republik dan anak didik politik Roscoe Conkling, naik menjadi Kolektor Bea Cukai untuk Pelabuhan New York.

Baca Pula:  3 vitamin ini meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi

Ia diangkat oleh Presiden Ulysses S. Grant tetapi dipecat oleh penerus Rutherford B. Hayes karena dicurigai melakukan penyuapan dan korupsi.

Mantan Kolektor Pelabuhan New York ini melakukan reformasi pegawai negeri. Menghindari kroni politik lama dan mengasingkan mentor lamanya Conkling, tekanan publik, yang diperburuk oleh pembunuhan Garfield, memaksa Kongres yang berat untuk mengindahkan Presiden.

Prestasi utama Arthur adalah pengesahan Undang-Undang Reformasi Layanan Sipil Pendleton. Pengesahan undang-undang ini membuat Arthur mendapat julukan “The Father of Civil Service” dan reputasi yang sangat baik di kalangan sejarawan.

Penerbit Alexander K. McClure menulis, “Tidak ada orang yang pernah memasuki Presidensi begitu dalam dan sangat tidak dipercaya, dan tidak ada yang pernah pensiun… lebih dihormati secara umum.”

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Penulis Mark Twain, yang sangat sinis terhadap politisi, mengakui, “Memang sulit untuk memperbaiki pemerintahan Presiden Arthur.”

Quote penting:

“No man ever entered the Presidency so profoundly and widely distrusted, and no one ever retired … more generally respected.”

“Men may die, but the fabrics of free institutions remains unshaken.”

“I may be president of the United States, but my private life is nobody’s damned business.”

“Since I came here I have learned that Chester A. Arthur is one man and the President of the United States is another.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com