Short story Presiden AS: Grover Cleveland (1885-1889, 1893-1897)

  • Share
Presiden AS ke-22 Stephen Gorver Cleveland
Presiden AS ke-22 Stephen Gorver Cleveland (Foto: Britannica)

ZONAUTARA.comStephen Grover Cleveland (18 Maret 1837 – 24 Juni 1908), merupakan Presiden Amerika Serikat yang kedua puluh dua dan dua puluh empat,. Dia adalah satu-satunya Presiden yang menjabat tanpa masa jabatan berturut-turut.

Dia dikalahkan untuk pemilihan kembali pada tahun 1888 oleh Benjamin Harrison. Dia mencalonkan diri lagi pada tahun 1892 dan memenangkan masa jabatan kedua.

Dia adalah satu-satunya Demokrat yang terpilih menjadi Presiden di era dominasi politik Republik yang berlangsung dari 1860 hingga 1912.

Pengagum Cleveland memujinya atas kejujuran, kemandirian, integritas, dan komitmennya pada prinsip-prinsip liberalisme klasik.

Sebagai pemimpin Demokrat Bourbon, ia menentang imperialisme, pajak, korupsi, patronase, subsidi, dan kebijakan inflasi.

Beberapa tindakan Cleveland kontroversial dengan faksi politik. Kritik tersebut meliputi: intervensinya dalam Pemogokan Pullman tahun 1894 untuk menjaga jalan kereta api tetap bergerak (sebuah langkah yang membuat marah serikat pekerja), dukungannya terhadap standar emas dan penentangannya terhadap perak bebas, yang mengasingkan sayap agraria dari Demokrat.

Lebih jauh, kritikus mengeluh bahwa dia memiliki sedikit imajinasi dan tampak kewalahan oleh bencana ekonomi bangsa – depresi dan pemogokan – di masa jabatan keduanya.

Dia kehilangan kendali atas partainya ke agraria dan silverite pada tahun 1896.

Quote:

“Sensible and responsible women do not want to vote. The relative positions to be assumed by man and woman in the working out of our civilization were assigned long ago by a higher intelligence than ours.”

“It is better to be defeated standing for a high principle than to run by committing subterfuge.”

“A truly American sentiment recognizes the dignity of labor and the fact that honor lies in honest toil.”

“He mocks the people who proposes that the government shall protect the rich and that they in turn will care for the laboring poor.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com