ZONAUTARA.com – Ribuan bahasa digunakan di seluruh dunia, tetapi hanya sebagian kecil yang digunakan secara luas. Ada 23 bahasa yang penuturnya mencapai lebih dari setengah total populasi global.

Beberapa wilayah di dunia kaya akan keragaman bahasa. Dalam daftar ini disajikan 10 negara dengan bahasa yang paling beragam. Angka-angka dalam daftar ini termasuk dialek lokal dan yang dibawah imigran.

Meskipun populasi di Papua Nugini hanya 8,8 juta, nyatanya negara kecil ini berada di urutan pertama dengan total 840 bahasa yang digunakan di seluruh negeri. Jumlah itu hampir 12% dari seluruh bahasa di dunia, dan hanya digunakan oleh penduduk yang tinggal di area yang kira-kira hanya seluas California.

Kemungkinan alasan keragaman linguistik di negara Papua Nugini adalah keterasingannya dari kehidupan modern. Lebih dari 80% penduduk Papua Nugini tinggal di daerah pedesaan dan memiliki sedikit kontak dengan pengaruh luar atau suku lain.

Urutan kedua dalam daftar adalah Indonesia, dengan 711 bahasa berbeda yang digunakan di seluruh negeri. Seperti Papua Nugini, faktor utama yang dapat menjelaskan keragaman bahasanya adalah geografinya — Indonesia terdiri dari sekitar 17.500 pulau (meskipun lebih dari 7.000 di antaranya tidak berpenghuni).

Meskipun masih banyak bahasa di dunia, namun sekitar 40% bahasa di dunia berpotensi punah. Bahkan di bagian dunia yang memiliki keanekaragaman bahasa yang sangat besar, bahasa menghilang setiap pergantian generasi berikutnya.

Dalam upaya untuk mengatasi ini, organisasi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa secara aktif mencoba untuk mempromosikan dan melindungi bahasa yang terancam punah ini.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id