AJI Manado diestafetkan ke Frans-Fine

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Ketua Umum AJI Sasmito Madrim menyerahkan pataka kepada Fransiskud dan Fienneke yang terpilih sebagai Ketua dan Sekretarus AJI Manado periode 2021-2024. (Foto: Zonautara.com/Marshal D.)



ZONAUTARA.com – Duet kepemimpinan Yinthze Lynvia Gunde dan Fernando Lumowa sebagai Ketua dan Sekertaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado berakhir. Pasangan ini telah memimpin AJI Manado selama tiga tahun (2018-2021). Kini tongkat estafet kepemimpinan itu dilanjutkan Fransiskus Talokon dan Finneke Wolajan.

Frans-Fine terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Manado periode kepengurusan 2021-2024 pada Konferensi Kota (Konferta) AJI Manado yang digelar di Hotel Grand Puri, Manado, Jumat (26/3/2021).

Frans-Fine terpilih melalui aklamasi setelah dua pasangan calon lainnya mengundurkan diri dalam tahap penjaringan yakni Frangky Salindeho dan Syarif Litty serta Fernando Lumowa dan Finda Muchtar.

“Dengan demikian, Konferta ini menetapkan Fransiskus Talokon dan Finneke Wolajan sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Manado Periode 2021 – 2024,” ujar pimpinan sidang Larry Kambey, yang didampingi pimpinan sidang lainnya Agus Hari dan Muhamad Irzal.

Selain menetapkan Frans-Fine sebagai Ketua dan Sekretaris, Konferta AJI Manado juga mendapuk tiga nama yang duduk di Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), yakni Lynvia Gunde, Agus Hari dan Frangky Salindeho. Konferta juga memutuskan garis besar haluan program serta rekomendasi eksternal untuk dilaksanakan pengurus selama tiga tahun kedepan.

Ketua Umum AJI Sasmito Madrim yang hadir mengatakan bahwa AJI Indonesia siap bekerjasama dengan AJI Manado.

Dalam sambutannya mengawali Konferta, Sasmito menyebut bahwa era digital sekaligus pandemi Covid-19 saat ini membuat jurnalis menghadapi tantangan yang besar soal kesejahteraan. Selain itu AJI juga akan menghadapi banyak persoalan di bidang advokasi karena seringnya jurnalis mengalami kekerasan.

“Selamat, semoga perjuangan tiga tahun kedepan berjalan lancar,” ujar Sasmito saat menyerahkan pataka AJI kepada Frans-Fine.

Fransiskus mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Konferta yang telah memilih dia bersama Finneke memimpin AJI Manado tiga tahun kedepan.

“Saya berhadap AJI Manado selalu melangkah bersama dengan berbagai latar belakang dan potensi yang dikaruniakan kepada kita semua sebagai anggota AJI. Kita semua adalah satu tim yang punya visi dan misi yang sama,” ujar Fransiskus mengawali tongkat estafet yang diterimanya.

Sementara Lynvia yang telah mengakhiri masa kepemimpinannya mengatakan rasa terimakasihnya kepada seluruh anggota AJI Manado yang telah mendukung dirinya bersama Fernando selama tiga tahun.

“Terimakasih sudah berjuang dan belajar bersama,” ujar Lynvia.

Konferta juga memberi mandat kepada Frans-Fine untuk segera menyusun Struktur Pengurus AJI Manado periode 2021-2024, serta menetapkan Majelis Etik.

Sebelum Konferta dimulai, pada pagi harinya diawali dengan diskusi tentang kiat mendapatkan fellowship yang menghadirkan mantan Sekeretaris Jenderal AJI, Revolusi Riza.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com