bar-merah

Andrei Angouw, Wali Kota Manado pertama beragama Konghucu dilantik Gubernur Sulut

Walikota Manado
Pelantikan Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado periode 2021-2024 (Foto: terasmanado.com)

ZONAUTARA.com  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melantik Andrei Angouw dan Richard Sualang sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado terpilih periode 2021-2024

Pelantikan itu digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (10/5/2021).

Sebelumnya, Gubernur Olly memimpin langsung pengucapan sumpah dan janji. Andrei dan Richard didampingi rohaniawan sesuai agama masing-masing.

Andrei Angouw merupakan warga keturunan Tionghoa ini diambil sumpah dengan tata cara agama Konghucu.

“Kehadirat Thian di tempat yang maha tinggi dengan bimbingan rohani Nabi Kong Zi,” kata Olly yang diikuti Andrei kata per kata.

Setelah pengucapan sumpah dan janji, Olly melantik keduanya.

“Saya Gubernur Sulawesi Utara atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara Andrei Angouw sebagai Wali Kota Manado dan saudara Richard Sualang sebagai Wakil Wali Kota Manado masa jabatan 2021-2024,” kata Olly.

“Saya percaya saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan atas nama Presiden Republik Indonesia,” sambung Olly.

Usai dilantik, Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan, mereka sudah siap bekerja untuk Manado yang lebih baik dan hebat.

“Masalah banjir dan kenyamanan masyarakat kota akan kita utamakan. Masalah sampah juga menjadi skala prioritas. Masyarakat harus merasakan kota yang bersih,” kata Andrei saat diwawancara wartawan.

Politisi PDI-P itu mengaku tidak membuat rencana terget 100 hari kerja.

“Yang penting bekerja,” singkatnya.

Menurutnya Pemerintah Kota (Pemkot) Manado ke depan harus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

“Sinergitas dengan Pemprov Sulut harus. Kita juga mendukung dan menjalankan program-program Pemprov,” ujar Andrei.

Dia juga berharap masyarakat Manado bisa mendukung kepemimpinan dirinya dengan Richard Sualang.

“Mengikuti arahan dan mendukung program-program yang kami akan jalankan,” sebutnya.

Menurut dia, Pilkada sudah selesai, ia berharap warga Manado bersatu kembali.

“Jangan ada lagi masyarakat terpecah belah. Saya dan Pak Richard wali kota dan wakil wali kota dari seluruh masyarakat Kota Manado. Tentu saya berharap masyarakat bisa mendukung dan mengikuti arahan dari pemerintah kota, saya dan pak Richard,” harapnya.

Andrei dan Richard merupakan politisi PDI-P. Andrei masuk pengurus struktur partai di tingkat DPD. Sedangkan Richard sebagai Ketua DPC PDI-P Manado.

Sebelum menjadi top eksekutif di Kota Manado, keduanya pernah duduk di kursi DPRD Sulut. Andrei sebelumnya sebagai Ketua DPRD Sulut. Sementara Richard pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Manado dan kemudian maju kembali dan menjadi anggota DPRD Sulut. 

| TerasManado.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com