bar-merah

Angka kelahiran total di Indonesia 2010-2019

ZONAUTARA.com – Angka kelahiran total adalah rata-rata anak yang dilahirkan seorang wanita selama masa usia suburnya.

Angka kelahiran total (AKT) atau total fertility rate (TFR) berguna sebagai indikator untuk membandingkan keberhasilan antar wilayah dalam melaksanakan pembangunan sosial ekonomi dan menunjukkan tingkat keberhasilan program KB.

AKT juga dapat membantu para perencana program pembangunan untuk meningkatkan rata-rata usia kawin, meningkatkan program pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan pelayanan ibu hamil dan perawatan anak, serta mengembangkan program penurunan tingkat kelahiran.

Berdasarkan parameter Badan Pusat Statistik Indonesia, AKT sebesar 2,35 berarti bahwa wanita (usia 15-49 tahun) secara rata-rata mempunyai 2-3 anak selama masa usia suburnya

AKT yang tinggi merupakan cerminan rata-rata usia kawin yang rendah, tingkat pendidikan rendah terutama wanitanya dan tingkat sosial ekonomi rendah (tingkat kemiskinan tinggi).

Data yang diolah dari Statistik Indonesia 2020, dalam sepuluh tahun terakhir (2010-2019) angka kelahiran total di Indonesia terus turun setiap tahunnya.

Rumus menghitung AKT:



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com