ZONAUTARA.COM – Tepat pada Minggu, (23/05/2021) Kota Kotamobagu genap berusia 14 tahun. Sebelum menggelar upacara sebagai puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT), Senin, (24/05/2021) di lapangan Boki Hotinimbang, Pemerintah Kota (Pemkot) lewat Lurah dan Sangadi telah terlebih dahulu mengingatkan seluruh lapisan masyarakat tentang hari penting ini. Warga diminta memasang bendara umbul-umbul di depan rumah.

Mengusung tema Kotamobagu Maju, Ekonomi Bangkit dan Masyarakat Sejahtera, nyatanya gagap gempita perayaan HUT Kotamobagu tidak dirasakan semua warganya.

Pantauan Zonautara.com, tidak semua warga memasang bendera umbul-umbul di halaman rumah. Bahkan, ada warga yang tidak tahu HUT Kotamobagu.

“Saya kurang tahu (HUT Kotamobagu) mungkin karena saya setiap harinya fokus bekerja. Memang di sepanjang jalan ada yang pasang umbul-umbul, saya pikir ada kunjungan dari pusat,” kata Anto Mokodongan, (41), salah satu pengemudi bentor di Kotamobagu.

Senada, Suharia Kolopita (56), pedagang sayur di pasar Serasi mengaku tidak tahu menahu tentang perayaan HUT Kotamobagu. Bagi Suharia, HUT Kotamobagu tidak terlalu berpengaruh dengan rutinitas kesehariannya.

“Tetap juga sebagai pedagang kecil, saya harus jual hasil kebun saya agar tetap bisa bertahan hidup. Apalagi saya harus menyekolahkan anak, biaya sekolah sangat mahal, padahal belajarnya hanya lewat HP,” ujar Suharia.

Suharia berharap, Kotamobagu bisa lebih baik, dan pemimpin daerah bisa diberi kesehatan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Ya semoga lebih baik saja, pemimpin juga sehat, dan biaya pendidikan bisa lebih murah. Biar saya bisa tetap menyekolahkan anak saya,” kata Suharia.

Meskipun demikian, tak sedikit warga Kotamobagu yang turut ikut menyemarakkan HUT Kotamobagu. Linimasa media sosial diwarnai dengan meme, ucapan HUT Kotamobagu.

Apresiasi dan Harapan Warga

HUT Kotamobagu ditanggapi beragam oleh warganya. Banyak warga yang mengapresiasi pemerintah dan berharap Kotamobagu kian membaik di setiap tahunnya.

Salah satu dosen Perguruan Tinggi di Kotamobagu yang enggan dipublikasikan namanya mengatakan, sistem pendidikan Kotamobagu harus mendapat perhatian serius. Penting bagi Kotamobagu sebagai Ibukota Bolaang Mongondow Raya (BMR) menata wajah pendidikannya. Terutama, harus serius berkomitmen untuk memangkas kuropsi, kolusi, dan nepotisme dari dunia pendidikan.

“Harus ada pemerataan, sebab ini akan berpengaruh pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, pemerintah harus mendukung perkembangan semua Perguruan Tinggi, jangan terlalu condong di satu institusi.”

Di bidang kesehatan, meski Kotamobagu mendapat penghargaan sebagai Kota Sehat, salah satu petugas medis yang lagi, enggan disebutkan namanya mengungkapkan, bahwa kesejahteraan petugas medis perlu diperhatikan, terutama pada saat pandemi.

“Ya selama ini banyak soalan yang dihadapi oleh kami petugas medis. Tapi kami berusaha memaklumi bahwa saat ini pandemi Covid-19. Tak bisa dihindari, tapi harusnya ada sikap-sikap yang membesarkan semangat, perlakuan dan dukungan kepada kami petugas medis sangat membantu psikologi kami terutama dalam menangani pasien, saat memberikan pelayanan ke publik meski misal, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kami dipotong,” ungkapnya.

Harapan juga datang dari salah satu Jurnalis yang melakukan peliputan di wilayah Kotamobagu. Sebagai penyampai informasi ke publik, dirinya mengatakan sikap terbuka pemerintah Kotamobagu sangat diperlukan. Apalagi Kotamobagu sempat mendapat penghargaan dalam hal keterbukaan publik. Penghargaan tersebut haruslah benar-benar berdampak. Aotokritik bisa digunakan untuk Kotamobagu berbenah menjadi yang lebih baik. Sehingga kita tidak perlu sembunyi-sembunyi memberi masukan, hanya untuk tidak diintervensi dan dianggap membangkang atau kurang pro pemerintahan.

“Terkadang, dengan bersikap terbuka terhadap pemberitaan, pemerintah bisa menjadi lebih baik. Sebab, jika pemerintah hanya ingin melihat berita yang sesuai dengan keinginan pemerintah, akan sulit melihat apa yang sebenarnya kira-kira diperlukan masyarakat. Sehingga tidak boleh alergi dengan pemberitaan yang membangun,” singkatnya.

Pencapaian dan Prestasi

Sebagai nahkoda dalam roda pemerintahan, Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, saat upacara HUT Kotamobagu mengungkap, dalam kurun 14 tahun Kotamobagu telah mengalami berbagai perubahan, perkembangan dan kemajuan.

“Fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan sejumlah Puskesmas dengan rawat inap, fasilitas pendidikan, pertanian dan pembangunan prasarana lainnya, adalah semata-mata untuk kemaslahatan. Suksesnya berbagai kegiatan dan program yang dilaksanakan dapat terlihat dari pertumbuhan ekonmi di Kotamobagu. Meskipun kita semua sedang menghadapi pandemi Covid-19, namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kotamobagu, pertumbuhan ekonomi masih tercatat positif, ” kata Walikota.

Walikota juga berterima kasih kapada semua elemen masyarakat Kotamobagu yang selama ini turut mendukung dan membantu terwujudnya Kotamobagu yang lebih baik.

“Tentu semua pencapaian tersebut tidak luput dari kerjasama dan dukungan semua pihak,” pungkas Walikota.

Berikut penghargaan atas prestasi Kotamobagu yang berhasil dirangkum Zonautara.com sejak tahun 2013-2021:

Tahun 2013

  • Penghargaan Milenium Development Goals (MDGs) Award Target 5 B, atas Keberhasilan Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dari BKKBN Pusat Tahun 2013.
  • Penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup sebagai kota bersih.

Tahun 2014

  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK–RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2013.
  • Penghargaan Eliminasi Malaria, atas keberhasilan Pemberantasan Penyakit Malaria, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2014.
  • Juara 1 Lomba Penanaman 1 Milyar Pohon Tingkat Provinsi Sulawesi Utara untuk Kategori Kota Tahun 2014.
  • Juara 1 Lomba Penanaman Pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tingkat Nasional (Kategori Kota) Tahun 2014.
  • Penghargaan Puskesmas Gogagoman sebagai Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Tahun 2014.
  • Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas diraihnya Predikat WTP dari BPK RI atas LKPD Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2013.
  • Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atas upaya membina dan mengembangkan Kota Kotamobagu menjadi Kota Peduli HAM, Tahun 2014.
  • Penghargaan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 2014.
  • Zona Hijau dalam penerapan Inpres Nomor 2 Tahun 2014, tentang Rencana Aksi Daerah terhadap Pencegahan Pemberantasan Korupsi (PPK), Tahun 2014.
  • Penghargaan e–Procurement Award Tahun 2014, dari BAPPENAS RI atas pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa secara Elektronik (LPSE) Kategori Akselerasi Penerapan Elektronik Procurement.
  • Penghargaan Treasury and Tax Award dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Ketertiban Administrasi dan Kepatuhan Penyetoran Pajak ke Kas Negara, Tahun 2014.

Tahun 2015

  • Penghargaan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Tahun 2015.
  • Penghargaan dengan ditetapkannya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu sebagai Juara 2 Pelayanan Publik se –Sulawesi Utara, Tahun 2015.
  • Penghargaan Plakat Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atas keberhasilan mengikuti penilaian kinerja Penyelenggaraan Sistem Transportasi Perkotaan (Kategori Kota Sedang) Tahun 2015.
  • Piagam Juara 1 Lomba antar Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015. Piagam Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Kelurahan Mogolaing sebagai Kelurahan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2015.
  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK–RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2014. Piagam Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2014 dengan Capaian Standar Tertinggi Dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.

Tahun 2016

  • Penghargaan Piala Adipura Buana dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tahun 2016.
  • Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Republik Indonesia Kepada Walikota atas Dukungan dan perhatian terhadap Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera, Tahun 2016.
  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2015.
  • Penghargaan Aplikasi SICACA, sebagai Juara 1 pada Lomba Pameran Inovatif Pelayanan Publik Tingkat Sulawesi Utara, Tahun 2016.
  • Penghargaan Piala Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Kepala Daerah Pembina Ketahanan Pangan Terbaik Tahun 2016.
  • Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, atas keberhasilan Kinerja Pemerintah Kotamobagu dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.
  • Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atas upaya membina dan mengembangkan Kota Kotamobagu menjadi Kota Peduli HAM Tahun 2016.
  • Piagam Penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara sebagai Pemerintah Daerah Teraktif dalam Pelaksanaan Nota Kesepahaman antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara dengan Pemerintah Daerah Tahun 2016.
  • Piagam Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2015 dengan Capaian Standar Tertinggi Dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.
  • Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Kotamobagu atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional Sistem Transportasi Perkotaan.
  • Juara I (satu) PUSKESMAS Pelayanan Kesehatan Ibu Anak (KIA), Dengan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Tahun 2016.
  • Akreditasi Untuk PUSKESMAS GOGAGOMAN, dan PUSKESMAS MOTOBOI KECIL, Tahun 2016.

Tahun 2017

  • ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA Dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 Tingkat Kota, se–Provinsi Sulawesi Utara;
  • BKN AWARD dari Badan Kepegawaian Negara sebagai Kota Terbaik dalam Pengelolaan Kepegawaian (Kategori Kabupaten/Kota Tipe C) se –Indonesia.
  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kali dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2016.
  • Penghargaan Piala Adipura 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai salah satu Kota Terbersih.
  • Penghargaan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai daerah dengan Indeks Pengelolaan Keuangan Terbaik Regional Sulawesi.
  • Penghargaan Swasti Saba Padapa 2017 atas Pengelolaan dan Pelayanan Kesehatan Lansia Terbaik serta Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kotamobagu melaksanakan Program Kota Sehat 2017.
  • Penghargaan Inspirational Leaders Awards 2017 kepada Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, Successful use of Digital Technology (Application) in Improving Public services oleh Kompas Gramedia Group.
  • Penganugerahan Kepegawaian Award Sulut 2017 sebagai Terbaik I Kategori Instansi Pengelola Kepegawaian Terbaik.
  • Penganugerahan Kepegawaian Award Sulut 2017 sebagai Terbaik II Kategori Penerapan Sistem Presensi Online.
  • Nominator Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Award 2017 atas Validasi Data dan Informasi Kepegawaian.
  • Penghargaan Kota Peduli HAM 2017 untuk ketiga kalinya dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
  • Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Pengelolaan DAK terbaik 2017.
  • Penghargaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atas Upaya Pemerintah Menjamin Rakyat Sehat dan Sejahtera melalui Integrasi Jamkesda dalam Program JKN-KIS.
  • Penghargaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Rebuplik Indonesia (BPOM RI) atas Efektifitasnya dalam Pengawasan Obat dan Makanan.
  • Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Keberhasilan Pemerintah Kota Kotamobagu menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi.

Tahun 2018

  • Penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2018.
  • Penghargaan Sekolah Ramah Anak , sebagai terbaik nasional, untuk kategori Madrasah Aliyah, yang diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotamobagu, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Prof. DR. Yohana Yembise, kepada Walikota Kotamobagu, Tatong Bara. (23 Juli 2018).
  • Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2017. Merupakan opini WTP kelima kali secara berturut-turut;
  • Wali Kota mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai Kepala Daerah yang mendukung kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas melalui surat edaran. (16 Desember 2018).
  • Penghargaan like terbanyak video outdoor classroom day tingkat nasional tahun 2018.
  • Penghargaan Satyalencana Pembangunan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Pusat Tahun 2018. Ini adalah penghargaan terhadap kepala deaerah, atas kepeduliannya terhadap masalah kependudukan.
  • Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara, sebagai daerah Peringkat ke – 3, se – Sulawesi Utara. Penghargaan diberikan, berdasarkan sejumlah indikator penilaian, yakni diantaranya adalah terbentuknya PPID, pelayanan informasi publik, tersedianya daftar informasi publik, serta tersedianya Website resmi milik badan public (13 Desember 2018).
  • Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Penghargaan diberikan atas berbagai kriteria penilaian, yakni terpenuhinya Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaaan, Hak atas Perumahan yang Layak, serta Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan (11/12/2018);
  • Piagam Penghargaan Peringkat III Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kota/Kabupaten Tahun 2018.

Tahun 2019

  • Penghargaan dari BPJS kepada Pemkot Kotamobagu yang telah mampu menjamin rakyatnya sehat dan sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS (03/1/2019).
  • Penghargaan Adipura 2018. Penghargaan ini diberikan kepada daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. (14/01/2019).
  • Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2018. ini merupakan opini WTP keenam kali secara berturut-turut;
  • Kembali memperoleh Penghargaan Kota Layak Anak yang diterima langsung oleh Wali Kota Tatong Tatong Bara. Penghargaan KLA ini diberikan kepada kepala daerah yang telah menyelenggarakan kebijakan, anak dan perlindungan khusus anak dalam bentuk program, dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak kabupaten/Kota Layak Anak (23/07/2019).
  • Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda. Ini adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan Program KKS. Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya (10/2019).
  • Penghargaan dari Kemenpan RB atas hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah tahun 2018. (02/2019).
  • Penghargaan sebagai Peringkat II Sanitasi Terbaik se Sulawesi Utara.
  • Penghargaan dari Kementerian Keuangan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2018 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.
  • Piagam penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara sebagai peringkat ketiga atas pengelolaan Dana Alokasi Khusus fisik tahun 2019;
  • Pengharagaan dari BKN regional SulutGo- Malut sebagai Kota Pengelola Pembangunan Manajemen Talenta ASN Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik;
  • Penghargaan kepada Puskesmas Gogagoman yang menjadi satu-satunya Puskesmas yang mendapatkan Akreditas Paripurna se Sulut.
  • Penghargaan dari Kemendagri karena mampu melakukan integrasi e-planning dengan SIPD.
  • Penghargaan sebagai daerah dengan laporan program kesehatan terbaik kabupaten/kota tingkat Provinsi Sulut.
  • Penghargaan kepada Puskesmas Motoboi Kecil sebagai Puskesmas berprestasi se Sulawesi Utara.
  • Penghargaan kepada Dinas Kesehatan sebagai Surveillance terbaik se Sulawesi Utara.
  • Penghargaan Puskesmas Pembantu Kelurahan Mongkonai sebagai Pustu terbaik se Sulut
    Penghargaan terhadap SMA Negeri 3 Kotamobagu yang telah meraih Peringkat Satu Sekolah Sehat.
  • Piagam Penghargaan Peringkat II Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kota/Kabupaten Tahun 2019.

Tahun 2020

  • Penghargaan pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tingkat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara (Sulut).
  • Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, pada upacara peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020, di halaman Kantor Gubernur, Senin, 17 Februari 2020.
  • Penghargaan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award Tahun 2020 mendapatkan predikat B dengan nilai 66,16 dan berada di peringkat 2 se-Provinsi Sulawesi Utara yang diserahkan langsung oleh Menteri PemberdayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahyo Kumolo. Diterima Kepala Bagian Organisasi Pemkot Kotamobagu Ariono Potabuga yang mewakili Wali Kota Kotamobagu. Dilaksanakan di Hotel Tenteram Jogjakarta Tanggal 24 Februari 2020.
  • Penghargaan Peringkat Satu Bidang Perencanan Pembangunan Daerah (PPD) untuk Tingkat Provinsi Sulawesi Utara atas prestasi pelayanan public dibidang, Sensanitasional Award Tahun 2020. Penghargaan disampaikan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Provinsi Sulut tingkat Sulawesi Utara, yang digelar conference virtual yang dibuka resmi oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Selasa tanggal 28 April 2020.
  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Pemkot Kotamobagu Tahun 2019 oleh BPK RI Perwakilan Sulut, Penyerahan hasil pemeriksaan LHP ini, digelar secara Vicon, Senin, 11 Mei 2020. Kota Kotamobagu mempertahankan opini WTP tujuh kali berturut turut.
  • Penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional karena dinilai memberikan dukungan dan fasilitasi pada suksesi pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020. Penghargaan diberikan secara langsung kepada Walikota Kotamobagu Tatong Bara oleh Kepala BPS Kotamobagu Didik Tjahjawinardi, di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Kamis, 3 September 2020.
  • Penghargaan atas capaian dalam pelaksanaan pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor. Diselenggarakan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas).Penghargaan berupa piagam tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Ir. Diano Tino Tandaju dan diterima oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kotamobagu Aljufri Ngandu, di Hotel Peninsula Manado, Selasa, 8 September 2020.
  • Pengukuhan Walikota Kotamobagu  Tatong Bara sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara (Sulut) Diano Tino Tandaju, Rabu, 21 Oktober 2020 bertempat di Aula rumah dinas Walikota.
  • Penghargaan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terbaik pertama tingkat Sulawesi Utara.
  • Penghargaan pengelolaan Dana Desa terbaik I tingkat Sulawesi Utara.
  • Penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 kali berturut-turut. Penyerahan penghargaan disampaikan bersamaan dengan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA), oleh PJs Gubernur Sulawesi Utara DR Agus Fatoni, di Four Point Sheraton Hotel Manado, Selasa, 01 Desember 2020.
  • Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di aula C.J Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Edison Humiang kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Ir Sande Dodo MT, Senin, 14 Desember 2020.

Tahun 2021

  • Penghargaan Terbaik I Pengelolaan Dana Desa (Dandes) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun anggaran 2020. (21/01) penyerahan penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotamobagu.
  • Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia, 09/3/2021.
  • Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE, diserahkan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sulawesi Utara Tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula – Manado. (21/4).
  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2020, yang diserahkan langsung Kepala BPK Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, Karyadi, S.E, M.M., Ak, CA., CFrA., CSFA kepada Wali Kota Kotamobagu tersebut, merupakan Opini WTP ke 8 kali secara berturut – turut, yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (3/5).