10 varian virus corona dengan penamaan baku yang baru

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



ZONAUTARA.comVirus Corona yang bermula dari Wuhan, Cina itu kini sudah memecah menjadi beberapa varian. Awalnya penamaan varian baru virus Corona itu menggunakan nama negara asal varian virus itu ditemukan. Tujuannya memudahkan identifikasi.

Tapi kini badan organisasi kesehatan dunia, WHO telah menetapkan penamaan bakunya. Tidak boleh lagi menggunakan nama negara. Jadi tidak ada lagi penyebutan misalnya varian Inggris.

Alasan WHO menghapus penamaan varian virus Corona berdasarkan nama negara asal temuannya, karena dianggap melekatnya nama negara akan memojokan negara tersebut.

Kini penamaan varian baru virus Corona sudah menggunakan alfabet Yunani, seperti alfa, beta, gamma dan seterusnya.

Meski demikian, penamaan resmi berdasarkan lineage genetik, seperti B.1.1.7 masih tetap digunakan. Hanya saja, karena dinilai susah diingat, penggunaannya sebatas di kalangan ilmiah saja.

Di sisi lain, penamaan Yunani bertujuan untuk mempermudah kalangan awam yang sebelumnya kesulitan mengingat varian-varian baru Covid-19.

Dalam visualisasi ini, terdapat 10 nama varian baru virus Corona yang ditemukan hingga awal Juni 2021.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com