bar-merah

Kasus harian Covid-19 di Indonesia naik dalam sepekan terakhir, hari ini ada 7.725 kasus baru

penyuntikan vaksin
Ilustrasi dari Unsplash.com

ZONAUTARA.com – Dalam sepekan terakhir, 3 Juni hingga hari ini, Rabu (9/6/2021) kasus harian Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren kenaikan jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Dalam satu pekan ini, rata-rata jumlah temuan kasus harian yang diumumkan oleh pemerintah diatas 6.000 kasus baru, kecuali pada tanggal 3 Juni dan 6 Juni.

Hari ini, Selasa 9 Juni terjadi lonjakan kasus baru yang cukup tinggi yakni mencapai 7.725 kasus baru.

Kepala BNPB Ganip Warsito sebelumnya mengungkapkan bahwa pola peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia. Ganip menyebut peningkatan kasus positif COVID-19 selalu terjadi setelah adanya libur panjang.

Seperti misalnya peningkatan COVID-19 terjadi setelah libur panjang Idul Fitri pada 2020. Saat itu, kenaikan kasus COVID-19 terjadi pada 6-28 Juni 2020.

“Pada masa awal penerapan PSBB pada 10 April 2020, telah dilaksanakan pencegahan penyebaran COVID-19 di mana kemudian tidak lama setelah terdapat libur panjang Idul Fitri yang berdampak pada kenaikan kasus COVID-19 pada 6-28 Juni 2020,” kata Ganip saat rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

“Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman tahun lalu, setiap adanya libur panjang, kita selalu mengingat akan diikuti dengan peningkatan kasus COVID-19,” imbuhnya.

Pada 2021, libur panjang Idul Fitri telah dilewati. Menkes Budi Gunadi Sadikin memprediksi kenaikan kasus ini akan terjadi selama beberapa pekan ke depan hingga akhir Juni 2021.

“Berdasarkan pengalaman empiris kita di setiap libur panjang sebelumnya, yaitu libur panjang Nataru, libur panjang Idul Fitri, dan libur panjang lainnya tahun lalu, biasanya kenaikan itu akan mencapai puncaknya sekitar 5-7 minggu,” terang Menkes dalam konferensi pers, Senin (31/5/2021).

“Jadi kemungkinan akan ada kenaikan kasus, diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan ini (Juni),” sambung dia.

Pemerintah terus mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19. Masyarakat diminta berdisiplin memakai masker, rajin mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com