ZONAUTARA.com – Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 kini sudah bisa dapat memperoleh sertifikatnya dengan mudah, dan dapat dicetak berkali-kali jika sertifikatnya hilang atau rusak. Hal itu bisa dilakukan hanya dengan mengunduh dan mencetak sertifikat tersebut melalui situs atau aplikasi Pedulilindungi.id.

Sertifikat tersebut merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini dapat menunjukkan apakah seseorang belum di vaksin, sudah mendapat suntikan pertama, atau sudah selesai semua tahap vaksinasi hingga suntikan kedua.

Kini masyarakat juga sudah bisa memperoleh sertifikat vaksin terbaru dalam bahasa Inggris lengkap dengan informasi jenis vaksin dan penggunaannya.

“Telah dikeluarkan sertifikat vaksinasi terbaru yang dilengkapi dengan informasi jenis vaksin dan penggunaan Bahasa Inggris. Cek lagi sertifikatmu apakah sudah mengandung dua informasi di atas apa belum yuk,” tulis Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui akun Twitter resminya, Rabu (7/7/2021).

Cara mencetak sertifikat vaksin

Kita dapat membuka terlebih dahulu situs dari PeduliLindungi. Setelah itu kita memilih log in atau buat akun lebih dulu jika kalian belum mempunyai akun.

Jika sudah masuk ke dalam akun kita tinggal memilih nama yang terletak pada pojok kanan atas, lalu pilih sertifikat vaksin. Setelah itu akan muncul sertifikat pada layar dan dapat diunduh.

Bila sudah selesai kita dapat memilih opsi keluar dari akun. Tapi untuk mencetak, file unduhan yang ada di galeri ponsel bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.

“Tapi ingat ya Sob, sertifikat mengandung data pribadi yang wajib kamu jaga dan tidak untuk diunggah ke media sosial!” tulis Kominfo.

Cara mengunduh sertifikat vaksin via SMS

Setelah melakukan vaksinasi, pengguna akan mendapat SMS berisi tautan ke sertifikat vaksin yang ada di laman pedulilindungi.

Tiap selesai melakukan vaksinasi Covid-19, pengguna akan mendapatkan SMS itu. Sehingga, jika sudah selesai melakukan vaksinasi sebanyak dua kali, Anda akan mendapat dua SMS.

Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19, klik tautan yang ada pada SMS untuk memunculkan sertifikat. Untuk mengunduh dan mencetak sertifikat lakukan hal berikut:

1. Klik menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban atau browser, pilih tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. File png pun akan terunduh, klik open untuk membuka file.

2. Cara mudah untuk menyimpan sertifikat tentu dengan menangkap layar (screenshot).

3. Untuk mencetak sertifikat klik menu, lantas pilih Share pada bagian dropdown menu, lantas pilih print pada kotak pilihan lain yang muncul.

Melalui aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat vaksin juga bisa dilihat lewat aplikasi PeduliLindungi yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Berikut caranya:

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi melalui Google Playstore maupun Apple Appstore.
2. Login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.
3. Masuk ke akun PeduliLindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.
4. Klik ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin. Informasi vaksinasi Anda pun akan ditampilkan.
5. Klik “Unduh Sertifikat” untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut. Untuk mencetak kembali sertifikat vaksin Covid-19 lewat aplikasi, bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id