ZONAUTARA.com – Aktivitas berkebun saat ini menjadi tren yang sangat digandrungi masyarakat. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, sebab berkebun dianggap sebagai upaya self healing. Berbagai kalangan menggandrungi tren ini, perempuan maupun laki-laki, muda hingga yang tua.

Berkebun di rumah dinilai dapat memberi manfaat fisik maupun psikologis. Manfaat ini menggantikan manfaat yang biasa didapatkan saat bertamasya dan keluar rumah. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian jurnal Cities volume 112 yang terbit 2021.

Selain itu, terdapat pergeseran makna yang signifikan pada kegiatan berkebun. Dahulu kala, berkebun hanya dianggap sebagai upaya pemenuhan kebutuhan untuk makanan, namun saat ini berkebun justru dilakukan untuk menghasilkan kepuasan tertentu.

Hal ini sebagaimana yang dilansir Better Homes and Gardens. Pergeseran makna dari upaya memenuhi kebutuhan asupan makanan menjadi upaya mendapat kepuasan dan kebahagiaan.

Hal ini juga diterapkan secara medis di Colnbrook, Manchester, Inggris sebagai salah satu fasilitas kesehatan bagi penderita masalah kejiwaan.

Pasien akan diberi tanaman dalam pot untuk dirawat, tindakan ini dilakukan sebagai upaya rehabilitasi bagi penderita stres, depresi maupun gangguan kecemasan.

Jadi tunggu apa lagi, saat ini Anda juga bisa memulai berkebun untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis. Anda dapat memilih beberapa pilihan tanaman untuk pemula, seperti sukulen, monstera atau tumbuhan lain yang cenderung mudah perawatannya.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id