Pasokan menipis, RSUD Saiful Anwar Malang butuhkan banyak plasma konvalesen

  • Share

ZONAUTARA.COM – Lonjakan Covid-19 di Kota Malang sebabkan stok plasma konvalesen di RSUD Saiful Anwar Malang menipis.

Hal ini dilaporkan oleh Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Saiful Anwar Malang Siti Fatonah.

Pasalnya, jumlah pendonor plasma konvalesen ini masih minim, sedangkan kebutuhan terus melonjak. Minimnya stok ini juga disebabkan stigma bahwa terapi plasma konvalesen kurang efektif.

“Stok kita selalu kekurangan. Saya pikir tempat lain juga sama,” katanya, Kamis (15/7).

Pasien rata-rata kata dia, melakukan pencarian donor secara mandiri. Langkah ini dinilai lebih efektif dan cepat untuk mencari karena ada kedekatan emosional atau kerabat dari keluarga yang merupakan penyintas Covid-19.

Baca Pula:  Luhut minta paket bansos obat diperiksa dengan benar

“Kalau sukarela kita kecil banget ya. Memang mencari pendonor itu sulit. Banyak pasien yang mencari sendiri dan itu cenderung lebih mudah bagi pendonor memberikan plasmanya karena ada ikatan emosional,” tuturnya.

Pihaknya telah sosialisasi dan ajakan secara terbuka bagi para penyintas Covid-19 untuk sukarela mendonorkan plasma konvalesennya.

“Tim kita gak kurang-kurangnya mencoba sosialisasi tapi keikhlasan pendonor juga minim. Mereka rata-rata mau donor kalau keluarganya atau kerabat,” paparnya.

Maka bagi Anda yang merupakan penyintas Covid-19 dan telah sembuh, donorkan plasma konvalesen di Rumah sakit terdekat, sebab administrasi mudah dan tidak dipungut biaya.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com