bar-merah

Rahasia toner yang harus dipahami pengguna skincare

Sumber : Pixabay

ZONAUTARA.com – Toner merupakan bagian dari tahapan pemakaian skincare yang digunakan setelah mencuci muka, siapa saja yang rutin menggunakan skincare tentu tek ketinggalan memakai toner.

Pasalnya, toner merupakan tahapan skincare yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya untuk menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka, melembabkan kulit, menjaga skin barrier, mempersiapkan kulit menuju tahapan skincare selanjutnya dan juga memberikan kesegaran.

Namun, tidak semua orang memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam pemakaian toner. Simak ulasan berikut agar pemakaian skincaremu lebih maksimal:

Tidak mencuci wajah terlebih dahulu

Kamu pasti pernah mendengar tentang double cleansing kan? Kita perlu membersihkan wajah dua kali untuk hasil yang maksimal. Pertama dengan menggunakan oil based cleanser dan kedua dengan water based cleanser.

Kalau kamu langsung memakai toner setelah melakukan oil based cleanser, maka penyerapan toner jadi tidak maksimal.

Kondisi wajah yang belum sepenuhnya bersih pun justru membuat kotoran jadi terjebak di pori-pori kulit sehingga membuat kulit lebih rentan berjerawat.

Memilih jenis toner yang salah

Sebelum memakai toner, kamu perlu tahu jenis toner apa yang cocok buat kulit kamu. Apakah kulit kamu kering sehingga lebih butuh toner dengan kandungan Hyaluronic Acid untuk menghidrasi?

Apakah kulit kamu berminyak dan cenderung berjerawat sehingga butuh salicylic acid? Atau, kulit justru kusam sehingga butuh niacinamide?

Pemilihan kandungan toner ini harus benar-benar disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit agar hasilnya maksimal.

Menggunakan toner mengandung alkohol

Memang, tidak semua jenis alkohol buruk untuk kulit. Beberapa orang pun punya kemampuan kulit yang lebih kuat untuk menerima alkohol pada kulitnya. Tapi, alkohol tetaplah bahan yang bersifat iritan, sehingga sangat rentan mengiritasi kulit.

Terpenting, jika jenis kulitmu sensitif, jangan gunakan toner yang mengandung alkohol sebab kulit sensitif akan sangat reaktif jika bertemu alkohol. Kandungan alkohol dapat membuat kulit lebih sensitif dan menjadi kering.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com