ZONAUTARA.com – Di masa pandemi Covid-19 yang semakin melonjaknya kasus terkonfirmasi positif, masyarakat dianjurkan memakai masker dua lapis. Namun berbeda dengan anak-anak yang tidak dianjurkan menggunakan dua masker saat keluar rumah.

Hal tersebut dikatakan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro yang mengimbau anak-anak lebih baik tidak diajak keluar rumah kecuali ada hal yang penting.

“Anak sebenarnya tidak disarankan double masker, makanya jangan dibawa keluar rumah, apalagi diajak jalan-jalan,” kata Reisa saat live Instagram dengan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, Jumat (16/7/2021).

Terkecuali orang dewasa, alangkah baiknya mengenakan dua masker saat keluar rumah. Apabila masker yang digunakan jenis masker N95,  tidak perlu lagi double masker.

Reisa pun mengingatkan penggunaan masker tidak diperlukan di dalam rumah, asalkan orang-orang yang tinggal satu rumah dalam keadaan sehat.

Namun, jika di rumah ada yang sakit, atau ada tamu yang datang, dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai dua masker dan menjaga jarak

“Kalau di dalam rumah semuanya sehat sebenarnya enggak perlu, kecuali ada orang-orang yang harus kerja tapi mereka risiko tinggi seperti nakes (tenaga kesehatan) datang ke rumah, mereka tetap harus pakai masker ketika bersama keluarganya di rumah,” ujarnya.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id