ZONAUTARA.COM – Viral, seorang dokter bernama Anne Gabriel Chan mengunggah foto rontgen perbandingan kondisi paru-paru pasien Covid-19 yang sudah divaksin dan yang belum divaksin.

Unggahan tersebut memperlihatkan pasien yang telah divaksin hanya mengalami gejala ringan dan pasien yang belum divaksin mengalami gejala sesak napas.

Foto yang diunggah di platform Facebook tersebut berjumlah empat foto, tiga milik pasien yang telah divaksinasi dengan jenis vaksin berbeda-beda dan satu sisanya milik pasien yang belum divaksinasi.

“Tiga pasien mengalami gejala ringan hingga hampir tanpa gejala dan satu pasien terengah-engah dan langsung dirawat di ICU. Silakan lihat foto rontgen dada mereka di bawah ini,” tulisnya.

Ketiga pasien yang sudah divaksin kondisi paru-parunya bersih dari bercak bahkan ada yang kondisinya seperti paru-paru sehat.

Sedangkan pasien yang belum divaksin, foto rontgen paru-parunya terlihat keruh dengan bercak yang hampir menutupi seluruh paru-parunya.

“Dia (yang belum divaksin) menderita COVID-19 yang parah, artinya dia memiliki kebutuhan oksigen yang sangat tinggi, perlu dirawat di ICU dan memerlukan prosedur invasif seperti Hemoperfusi,” ujarnya.

Keempat foto rontgen pasien COVID-19 menampilkan kondisi paru-paru yang berbeda. Kondisi paling parah terdapat pada pasien yang belum mendapatkan vaksin.

“Ya, Anda masih bisa terpapar COVID-19 meski sudah divaksin. Namun gejalanya seringkali lebih ringan. Anda akan lebih terlindungi dan terhindar dari risiko gejala parah,” kata Dr. Anne Gabriel-Chan.

Dokter Anne pada kesempatan tersebut juga menegaskan bahwa semua vaksin sama, tidak ada yang mengungguli satu sama lain.

“Setiap vaksin dapat menjadi proteksi terbaik di tengah pandemi saat ini,” tandasnya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id