bar-merah

Hari dan Tino, Harimau Sumatera terinfeksi Covid-19 mulai sembuh

harimau
Ilustrasi dari Pexles.com

ZONAUTARA.com – Dua harimau Sumatera bernama Hari dan Tino kini mulai sembuh semenjak terpapar Covid-19, pada 15 Juli 2021.

Diketahui, kedua harimau tersebut mengalami gejala mirip pasien Covid-19, seperti sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan. Keduanya pun dilakukan tes PCR dan dinyatakan positif.

“Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar Covid-19,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati melalui keterangan tertulis di situs PPID Jakarta, Minggu (1/8/2021).

Suzi mengatakan kedua harimau itu langsung diberikan pengobatan dan diisolasi di kandang terpisah di Taman Margasatwa Ragunan (TMR),  Jakarta Selatan.

Hari dan Tino lalu diberi pengobatan  dengan antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin setiap hari.

“Setelah diobati 10-12 hari, keadaan harimau sudah membaik,” ungkap Suzi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sempat meninjau langsung ke TMR untuk menengok kondisi kedua harimau, pada Sabtu (31/7).

Ketika dikunjungi keduanya disebut sudah dalam kondisi lebih baik. Dan pihaknya masih menyelidiki sumber penularan yang dialami harimau.

“Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif, ” tulis Anies pada postingan Instagramnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com