ZONAUTARA.com – Indonesia telah dikaruniai berbagai macam keragaman. Mulai dari suku, agama, budaya, dan masih banyak lagi. Keragaman yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari salah satunya adalah makanan. Ketika mengunjungi salah satu tempat wisata di Indonesia, hal yang tidak bisa kita lewatkan adalah makanan khasnya, bukan?

Makanan khas daerah mungkin sudah sedikit sulit ditemui daripada makanan-makanan yang modern. Bentuknya yang sederhana degan rasa yang beraneka ragam, membuat lidah kita seakan-akan bertamsya ke berbagai belahan Indonesia.

Sayangnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pandemi Covid-19 yang terus meningkat, membuat agenda bertamasya hanya ada di angan-angan saja.

Tapi jangan khawatir! Kita bisa loh membuat jajanan khas daerah Indonesia di dapur kita sendiri. Berikut rekomendasi 3 cemilan tradisional yang dapat dibuat selama karantina di rumah

Roti Ganjel Rel

Roti ganjel rel atau biasa disebut dengan roti gambang merupakan jajanan khas dari Semarang, lho! Dinamakan roti Gambang karena bentuknya mirip dengan alat musik gambang. Bentuknya yang kotak cokelat, dengan taburan wijen di atasnya membuat kita ngiler melihatnya.

Di Semarang, roti ini menjadi rebutan ketika memasuki waktu Ramadhan dalam perayaan Dugderan.

Untuk membuatnya, kita hanya perlu telur, air, gula pasir, gula jawa, tepung terigu, margarin, susu bubuk, garam, mentega, kayu manis, soda kue, wijen, dan baking powder. Bahannya mudah ditemui bukan? Yuk mulai membuatnya di rumah.

Lumpia Semarang

Siapa yang tidak mengenal lumpia? Makanan ini memiliki cita rasa yang berpadu antara Tionghoa dan Indonesia, lho!  Karena lumpia pertama kali dibuat oleh keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia. di mana ia menetap di Semarang.

Lumpia memiliki dua bahan utama yaitu kulit dan isi. Untuk kulitnya, kita bisa memakai kulit lumpia instan. Sedangkan untuk isinya, kita membutuhkan rebung muda, cincangan dada ayam, udang, telur orak-arik, daun bawang, bawang bombay, kecap manis, kecap inggris, dan kaldu bubuk. Lumpia khas semarang bisa kita racik sendiri di rumah.

Enting-Enting Gepuk

Camilan berbahan dasar gula dan kacang tanah ini mulanya dirintis oleh imigran dari Fukikian, China, bernama Khoe Choeng Hok. Ia membuat usaha Enting-Enting Gepuk sekitar tahun 1920 di Klenteng HOK TEK BIO No 13 Salatiga.

Pembuatan Enting-enting gepuk sangatlah mudah. Kita hanya perlu kacang tanah, gula pasir, dan garam yang dihaluskan. Adonan dibentuk prisma segi tiga dan biasanya dibungkus plastik. Sangat sederhana, bukan?

Tak perlu melancong mengelilingi Indonesia, kini kita bisa membuat jajanan khas tersebut di dapur rumah kita sendiri selama PPKM. Selamat mencoba!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id