ZONAUTARA.COM – Kesepakatan perpanjangan kontrak gagal dicapai oleh Lionel Messi dan Barcelona. Dengan begitu, kini megabintang Argentina tersebut mengakhiri kariernya bersama Barcelona.

Klub dalam pernyataan resminya menjelaskan, meski kedua belah pihak memiliki niat dan tujuan yang sama, namun ada faktor lain yang tetap membuat keduanya tetap tidak bisa kembali berkontrak.

“Ada masalah ekonomi dan struktural yang membuatnya tak bisa diformalkan,” tambahnya.

Kendati demikian, kedua belah pihak sangat menyayangkan tak tercapainya keinginan tersebut.

“Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak bisa tercapai,” lanjut pernyataan itu.

Messi, yang melakukan debut di Barcelona pada 2004, telah memenangkan 10 gelar La Liga dan empat Liga Champions bersama Blaugrana.

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,” menurut pernyataan klub.

Pemain 34 tahun itu, tahun lalu, pernah curhat ingin pergi “sepanjang tahun” dan mengklaim bahwa klausul dalam kontraknya mengizinkan dirinya bisa bebas pergi.

Namun, Messi terpaksa tinggal karena Barcelona tidak menyepakatinya dan enggan mengurangi klausul rilis €700 juta (US$897 juta).

Pemain yang bulan lalu memenangkan Copa America pertamanya bersama Argentina itu pun menyatakan tidak berniat menggugat ke pengadilan atas dasar cintanya kepada klub.

Messi merupakan atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang sejarah olahraga. Pasalnya, dikutip dari Surat kabar Spanyol El Mundo, kontrak Messi yang berakhir pada Juni bernilai US$672 juta.