bar-merah

Tidak mudah mencari teman baru saat pandemi Covid-19, ini kiatnya

Ilustrasi membuat jejaring pertemanan daring (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Sebagai makhluk sosial, memiliki teman untuk melakukan hal-hal bersama memang suatu kebutuhan tersendiri. Di situasi tanpa pandemi, mencari teman baru sudah merupakan suatu tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Lalu bagaimana dengan saat pandemi?

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat kegiatan mencari teman baru semakin sulit.

“Sangat sulit memang untuk memiliki koneksi dengan orang baru,” ungkap Marisa G. Franco, seorang psikolog sekaligus ahli dalam bidang pertemanan, dikutip dari Nytimes.

Peran seorang teman tak cuma sebatas kawan bermain dan bersenenang-senang. Seorang teman dapat membuat kita tumbuh sepenuhnya sebagai manusia dengan bertukar pikiran dan memahami sesama.

Mengamini hal tersebut, Mitch Prinstein, professor bidang psikologi juga mengatakan bahwa hubungan sosial yang terjalin selama berada di kampus akan membentuk diri kita di masa yang akan datang.

Cara tercepat membuat jejaring pertemanan dapat dilakukan melalui sekolah maupun kegiatan kampus. Namun ketika pandemi saat ini, kita tidak bisa melakukannya secara leluasa.

Lalu bagaimana cara mencari teman di era pandemi, berikut beberapa kiat yang bisa diterapkan?

Manfaatkan teknologi yang ada

Selama ini, kita telah menggunakan teknologi dalam berkomunikasi. Namun kali ini, karena dalam masa pandemi Covid-19, anda perlu usaha ekstra dan lebih dalam lagi dalam memanfaatkan teknologi untuk menjaring pertemanan.

Anda bisa bergabung dalam komunitas-komunitas dari hobi yang anda sukai. Lalu pilih satu dua orang yang sekiranya cocok dengan anda. Buat pertemanan yang seru dan asyik dari situ.

Tak perlu canggung

Jika anda bertatap muka dengan orang baru, mungkin anda akan mengalami kecanggungan yang luar biasa. Namun jika semua dilakukan dalam daring, anda tak perlu merasa malu dan canggung karena kita tak tahu bagaimana teman anda di belakang layar, begitu pula sebaliknya.

Berikan reaksi-reaksi yang dapat menyenangkan hati teman anda ketika melakukan komunikasi, baik dalam chat maupun sambungan suara.

Pahami kesukaan satu sama lain

“Ketika pertemanan saling berbagi kesukaan bersama, maka akan mempererat hubungan,” ungkap Prinstein dikutip dari unc.edu.

Maka dari situ, sangat penting untuk memahami kesukaan masing-masing dan apa yang menghubungkan pertemanan kalian.

Misalnya kalian berdua sama-sama penyuka anime, maka anda dapat terus menerus memiliki obrolan tentang anime yang kalian sukai.

Meski menjaring teman baru di internet terasa mudah dan mengasyikkan, tetap hati-hati dalam bersikap dan menjaga identitas diri, ya!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com