bar-merah

Manfaat mendengarkan musik klasik saat menghadapi pandemi

Ilustrasi (Sumber pexels.com)
Ilustrasi (Sumber pexels.com)

ZONAUTARA.com – Pandemi membuat kita semua harus menyesuaikan diri dengan banyak hal. Kita harus membangun kebiasaan-kebiasaan baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi kita dalam menghadapi pandemi.

Jenuh, stress, pusing, adalah dampak yang harus kita hadapi sehari-hari karena berbagai penyesuaian yang butuh waktu. ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress. Salah satunya dengan mendengarkan musik klasik.

Musik klasik memang tidak semembumi genre-genre lain, namun jenis musik yang satu ini memiliki banyak manfaat dalam kesehatan kita, terlebih lagi saat jenuh menghadapi pandemic. Apa saja manfaatnya?

Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi oleh Universitas Oxford menemukan bahwa peserta yang mendengar musik klasik memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah dari pada peserta yang tidak mendengarkan music klasik.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa mendengarkan Mozart dan Strauss selama 25 menut dapat menurunkan tekanan darah.

Peneliti menyarankan agar dapat menurunkan darah, musik tidak perlu memiliki lirik, sedikit adanya perubahan volume maupun ritmenya, dan memiliki harmoni yang tidak menggairahkan. Dan hal tersebut ada dalam musik klasik.

Meredam stress dan kecemasan

Seorang ahli saraf, Dr. Michael Schneck, menemukan bahwa musik klasik membantu kita dalam meredakan kecemasan. Hingga saat ini, sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa musik klasik membantu menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Di mana ia berhubungan dengan stress.

Mengutip dari myscena.com, musik juga diketahui dapat meningkatkan aliran darah sebesar 26% dan relaksasi sebesar 11%.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice yang melibatkan 180 orang, juga menemukan bahwa mendengarkan suara alami, musik klasik turki dan barat membantu mengurangi kecemasan dengan menurunkan kadar korsitol, detak jantung, dan tekanan darah. Semua hasil penelitiannya mengarah ke hasil yang positif.

Meredakan rasa sakit

Mengutip dari L’Officiel, pada penelitian di tahun 2006 menemukan bahwa beberapa orang yang mengidap sakit kronis, merasakan pengurangan rasa sakit ketika mendengarkan musik klasik daripada yang tidak mendengarkan. Para peneliti juga menyarankan musik klasik sebagai alat rehabilitasi oleh perawat.

Mulailah mendengarkan beberapa musik klasik jika anda mulai merasa stress yang mengganggu. Tenangkan diri anda dan relaksasikan pikiran anda dengan mendengarkan musik klasik.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com