ZONAUTARA.comMenjadi dewasa tak hanya perkara angka, namun juga perkara pemikiran, kebiasaan, dan bagaimana kita memandang dan menyikapi banyak hal. Pandemi membuat kita dituntut beradaptasi dan mempelajari berbagai hal yang dapat mendewasakan diri.

Ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang kehilangan orang yang disayang, yang lainnya harus berjuang dengan hidup sendirian. Semua punya kesulitan masing-masing. Dan yakinlah bahwa kita bisa melewatinya dengan hati yang lapang dan pundak yang kuat.

Beberapa hal ini dapat membuat anda belajar untuk menjadi makin dewasa ketika menghadapi pandemi.

  • Rancang anggaran dan bijak dalam pengeluaran

Pengaturan finansial di tengah pandemi dan pasca pandemi sebaiknya anda persiapkan sejak dini. Rencanakan presentasi kebutuhan pokok, sampingan, dan tabungan mulai dari sekarang. Anda bisa mengikuti tips-tips perencanaan finansial sederhana.

  • Menjadi baik dan penuh terima kasih

Menjadi baik untuk diri sendiri dan orang lain meski dalam keadaan pemberlakuan batas sosial perlu untuk dilakukan. Jika ada tetangga anda yang lebih tua, bantulah.

Jangan terlalu terburu-buru pada apa yang anda lakukan tiap harinya. Pelan-pelan dan perhatikan ketika orang lain melakukan hal-hal yang baik kepada anda meski dengan cara yang sederhana. Ketika anda berlatih bersyukur, anda menjadi lebih positif menjalani hari.

  • Perdalam koneksi

Jangan sampai anda memutus koneksi dengan orang terdekat karena kondisi pandemi. Keluarga adalah rumah pertama sebagai rujukan ketika anda senang maupun susah. Maka perdalam hubungan di antara anggota keluarga.

Jika anda dan keluarga dalam keadaan terpisah, maka hubungi lewat media sosial. Bangun komunikasi yang berjalan dua arah. Ceritakan bagaimana hari anda dan dengarkan keluarga anda bercerita pula.

Jika anda dekat dengan keluarga, lakukan intimasi di rumah. Anda juga bisa memperdalam koneksi dengan teman lama, teman kerja, dan lain-lain.

  • Meditasi dan relaksasi

Kesehatan diri secara fisik dan mental sangatlah penting dalam pendewasaan diri. Semakin dewasa anda, maka anda akan lebih memprioritaskan kesehatan fisik dan mental. Selama pandemi, lakukan meditasi setiap pagi dan relaksasi agar pikiran segar dan tenang.

  • Definisikan makna bahagia versi anda

Ada banyak definisi bahagia bagi banyak orang. Ada yang bahagia karena melihat senyuman keluarga, ada yang bahagia karena merawat tanamannya hingga berbuah, dan lain sebagainya. Maknai kebahagian itu versi anda sendiri agar dapat menghadapi pandemi dengan pikiran yang cemerlang.