5 manfaat mendaki gunung bagi tubuh dan jiwa

  • Share
Mendaki gunung
Manfaat mendaki gunung bagi tubuh dan jiwa (Foto: zonautara.com/Suhandri Lariwu)

ZONAUTARA.com – Mendaki gunung merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Keindahan alam dan udara yang segar menjadikan kegiatan ini sangat menyehatkan jiwa dan tubuh.

Meski membutuhkan kekuatan fisik, namun saat mendaki gunung atau hiking ternyata memiliki efek positif bagi tubuh. Selain bisa menghilangkan penat, kegiatan di alam terbuka ini bisa juga sebagai self-healing yang membawa ketenangan jiwa dan rasa nyaman.

Berikut lima manfaat mendaki gunung bagi tubuh dan jiwa:

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Saat mendaki gunung, kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari biasanya. Sehingga suplai oksigen dan peredaran darah akan meningkat. Meningkatnya detak jantung akan menambah kebugaran dan daya tahan aerobik.

Ditambah udara yang segar tentu akan menambah efek yang bagus bagi tubuhmu.

2. Menghilangkan stres

Mendak gunung bisa mengurangi kepenatan dari rutinitas sehari-hari seperti pekerjaan, dan lingkungan sosial yang sering kali membuat kita stres. Pemandangan indah, suara kicauan burung dan air mengalir, dilengkapi dengan pepohonan yang rindang serta udara sejuk adalah salah satu cara self-healing bagi jiwa yang akan membuat pikiranmu kembali fresh.

Selain itu, menurut penelitian mendaki dengan durasi yang cukup panjang mampu meningkatkan kadar kebahagiaan. Apalagi jika dilakukan bersama teman, akan semakin seru dan menyenangkan.

Baca Pula:  Misophonia, kondisi tak nyaman ketika mendengarkan suara yang berulang-ulang

3. Memperkuat otot-otot tubuh

Medan yang yang berubah-ubah dengan jalur tanjakan tentu akan membuat kerja dari otot akan lebih ekstra. Dengan mendaki, otot akan bekerja lebih banyak. Hal ini akan membangun otot-otot pada tubuh. Otot-otot tersebut di antaranya lengan, punggung, paha, pinggul, dan betis.

Tapi ingat ya, lakukan pemanasan sebelum naik gunung agar tidak terjadi kram atau cedera. Buat pemula, jangan lupa mendaki dengan teman yang sudah berpengalaman, agar aman dan nyaman.

4. Membuat tulang menjadi lebih padat

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulang kamu menjadi lebih padat. Dengan membiasakan berjalan kaki, menaiki tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari bisa kamu lakukan untuk memiliki tulang yang padat.

Baca Pula:  Para ilmuwan pelajari bahasa gaul dari cuitan Twitter

Nah, dengan melakukan pendakian, kamu bisa menjalani ketiga kegiatan tersebut secara bersamaan. Kamu bisa berjalan dan mendaki gunung dengan kontur tanah yang berbeda. Kamu juga bisa mendapatkan sinar matahari pagi saat mendaki atau saat akan menyaksikan sunrise dari atas gunung. Dengan memiliki tulang yang sehat, tentu kamu akan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.

5. Melatih daya ingat dan emosi

Mendaki akan membuat darah mengalir ke otak, serta membawa oksigen dan nutrisi. Berdasarkan penelitian, peningkatan aliran darah ini akan meningkatkan hubungan antara neuron di bagian otak yang bertanggung jawab atas memori dan fungsi kognitif.

Saat mendaki juga dibutuhkan insting yang tepat untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik. Dengan mendaki secara rutin tentu akan membuat daya ingat semakin terasah dan emosi dalam tubuh kita bisa terkelola dengan baik.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com