Anda pasti pernah mendengar buah karya Dale Carnegie yang berjudul How to Win Friends and Influence People, bukan? Buku yang terbit pertama kali di tahun 1936 itu masih berhubungan dengan kondisi saat ini.

Namun, di era global, penggunaan internet mulai merebak dan aktivitas sosial banyak dilakukan di internet. Untuk menerapkan buku tersebut di era internet, maka berikut merupakan cara mendapatkan teman dan mempengaruhi orang lain di era serba digital.

  • Pilih platform media sosial yang membuat kamu nyaman

Memasuki abad 21, pertumbuhan aplikasi media sosial sangat pesat. Berbagai jenis aplikasi pun memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Anda harus memilih beberapa aplikasi yang dapat menunjukkan diri anda untuk melakukan jejaring sosial.

Pilih aplikasi yang nyaman dan dapat menunjukkan kekuatan anda. Jika anda suka berinteraksi dan chit-chat berupa teks, anda bisa menuju facebook atau twitter. Jika anda menyukai video maupun fotografi, anda bisa menuju Instagram dan Tiktok, atau aplikasi-aplikasi lain.

  • Tampilkan persona apa adanya

Tak perlu muluk-muluk dan mengada-ada. Persona anda di internet lebih baik menampilkan sebagaimana anda saat ini. Meski dengan identitas yang tak sepenuhnya diberitahu, menjadi diri sendiri saat beinteraksi dan berinternet membuat anda lebih nyaman dengan apa yang dilakukan.

Selain menjadi apa adanya, tonjolkan juga keunikan anda dalam membangun jejaring pertemanan di internet. Karakter unik dari dalam diri anda itu lah yang menarik perhatian orang untuk berteman dengan anda.

  • Buat konten yang menarik di media sosial

Salah satu alasan untuk seseorang menekan tombol follow-nya adalah karena konten-konten yang dibutuhkan menarik dan sesuai dengan kebutuhannya dalam bersosial media.

Maka tugas anda untuk konsisten membuat konten tersebut di media sosial anda sehingga orang-orang akan melirik anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin anda bisa menghasilkan uang dari media sosial anda.

  • Bergabung dengan komunitas

Anda akan menemukan lebih banyak teman ketika bergabung dalam suatu komunitas. Terlebih dalam komunitas yang di dalamnya berisi orang-orang dengan hobi dan kesukaan yang sama. Akan lebih mudah untuk anda membuat koneksi ketika anda tergabung dalam komunitas dengan minat yang sama. Jangan lupa untuk mengingat nama teman komunitas anda untuk membuat hubungan lebih personal.

  • Bersikap ramah dan ingat nama mereka

Bersikap ramah tak hanya dilakukan ketika berada di dunia nyata, di dunia maya pun seharusnya demikian. Bersikaplah ramah pada teman online anda.

  • Hindari perdebatan di media sosial

Perdebatan di sosial media memang tak jarang ditemui. Maka jangan melibatkan diri anda di dalamnya. Jika ada topik yang perlu didiskusikan, maka diskusikan dengan cara yang sehat. Cerdas tak hanya dilakukan di dunia nyata, tapi juga cerdas berinternet.