ZONAUTARA.com – Anda pasti sudah banyak menemui tipe orang dan teman, tipe kenalan, tipe rekan kerja. Banyak sekali tipe-tipe manusia yang ada di dunia. Namun pasti hanya segelintir orang yang cocok dengan kepribadian anda. Biasanya, seseorang ini akan menjadi teman atau sahabat anda dalam waktu yang lama.

Mempertahankan pertemanan pun tak semudah itu. Dalam hubungan, permasalahan pasti sering ditemukan. Begitu pula dalam hubungan pertemanan. Namun, jangan sampai anda menyia-nyiakan sahabat anda yang telah melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Dia selalu ada bagaimana pun kondisimu

Seorang sahabat akan selalu berada di sampingmu. Apakah kamu sedang sedih, bahagia, marah, senang, ia akan selalu bersamamu dan mendampingimu. Ketika anda marah, ia akan menenangkan, ketika anda senang, ia pasti akan turut senang, ketika anda sedih, ia akan menyiapkan bahunya.

Jangan lepaskan seseorang yang selalu menemanimu dalam suka maupun duka. Ia akan membuat anda nyaman. Anda pun akan otomatis selalu ada untuknya ketika dia selalu ada untuk anda. Bangun hubungan mutualisme yang selalu ada untuk satu sama lain.

2. Anda tak pernah terganggu dengan kehadirannya

Mungkin anda akan sangat terganggu ketika seseorang tiba-tiba menelepon dan mengajak anda jalan-jalan. Namun jika ia mengajakmu, mungkin anda akan memberi respon yang berbeda. Anda akan menerimanya maupun menolaknya dengan nyaman.

Ketika anda sudah nyaman dengan apapun yang dilakukan, begitu pula ia, maka jangan tinggalkan dia karena dia adalah sahabat yang anda butuhkan kehadirannya.

3. Ia mendengarkan ceritamu dengan tulus

Memiliki teman atau sahabat yang merupakan seorang pendengar yang baik merupakan keuntungan bagi anda. Maka jangan pernah menyia-nyiakannya ketika ia adalah orangnya.

4. Ia selalu jujur padamu

Teman yang baik akan selalu jujur pada temannya. Ketika temannya berbuat salah, ia akan jujur bahwa yang dia lakukan adalah kesalahan, bukan malah selalu membela meski ia tahu anda salah. Jujur juga akan membuat kalian saling terbuka dan lebih dekat satu sama lainnya.

5. Tumbuh dan bangkit bersama

Ketika anda jatuh, ia tak akan menjatuhkanmu. Ia akan selalu ada membawamu bangkit dan bersemangat lagi. Ia akan memberi semangat dan menyediakan pundak untuk kamu sandari. Pada level berikutnya, kalian tumbuh bersama melalui banyak permasalahan, dan mendewasa bersama.

6. Saling memberi kepercayaan

Hubungan yang baik adalah hubungan dimana terdapat kepercayaan satu sama lainnya. Dan tidak adanya pengkhianatan. Ketika anda telah memberi kepercayaan pada sahabat anda, begitu pula sebaliknya, maka pertahankan pertemanan tersebut hingga waktu yang lama.