Rasa percaya diri sangat penting dimiliki untuk memulai apapun. Rasa percaya diri adalah keyakinan bahwa diri sendiri mampu dan yakin atas kemampuannya, sehingga ia dapat bebas melakukan apa yang dilakukan sesuai dengan keputusannya.

Ketika kepercayaan diri telah hilang, seseorang akan enggan untuk melakukan sesuatu. Bisa jadi, orang yang tidak percaya diri akan menjadi gelisah dan panik ketika melakukan sesuatu.

Maka dari itu, jangan sampai kebiasaan-kebiasaan buruk ini membuat anda kehilangan rasa percaya diri.

  • Negative thinking

Negative thinking tidak sepenuhnya negatif. Dalam hal tertentu, berpikiran negatif membantu seseorang untuk berpikir realistis sekaligus preventif.

namun di sisi lain, ketika anda membiarkan pikiran anda penuh dengan hal-hal negatif, kepercayaan diri anda tentu akan menurun seketika. Bayangkan ketika anda ingin menyapa seseorang, lalu berbagai pemikiran negatif muncul, seperti, apakah orang itu akan merespon anda dengan ramah, apakah ia akan nyaman ketika bertemu anda, dan lain-lain. Pemikiran seperti itu akhirnya membuat anda mengurungkan niat untuk menyapanya.

Kasus di atas hanyalah contoh kecil bagaimana pikiran negatif membuat anda tidak percaya diri, dan akhirnya menggagalkan rencana anda. Tentu sangat disayangkan jika anda membatalkan sesuatu padahal hal tersebut dapat mendatangkan kesempatan dan manfaat yang besars.

  • Terlalu fokus pada orang lain, bukan diri sendiri

Ketika anda terlalu fokus dengan orang lain dengan berbagai pencapaiannya, anda pasti akan melupakan bahwa ada diri sendiri yang harus diutamakan. Terlalu fokus pada potensi orang lain dapat membuat anda membanding-bandingkan diri sendiri dengannya. Hal itu tentu akan menurunkan kepercayaan diri.

Fokuslah pada diri sendiri dan jadilah versi terbaik diri anda sendiri dalam mengusahakan sesuatu. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi dan pendorong. Namun tetap ingat bahwa setiap orang dilahirkan dan dibesarkan dengan cara yang berbeda. Jangan sampai menerapkan standar hidup orang lain pada diri anda. Buatlah standar untuk anda sendiri dan jadilah orang yang penuh percaya diri.

  • Terlalu Perfeksionis

Terlalu perfeksionis akan sesuatu dapat membuat anda makin lama akan makin kehilangan rasa percaya diri. Anda merasa apa yang anda lakukan selalu saja ada yang kurang dan ingin terus memperbaikinya, namun hal tersebut malah tidak selesai-selesai, kemudian anda mulai dihantui rasa tidak percaya diri dengan apa yang anda kerjakan.

Jangan sampai rasa percaya diri anda diturunkan oleh jiwa perfeksionis anda yang berlebihan.

  • Penggunaan media sosial secara berlebihan

Media sosial memungkinkan seseorang berinteraksi dengan begitu banyak orang. Ada banyak kisah bahagia orang lain yang anda lihat di media sosial, yang mungkin menurut anda sangat berbanding terbalik dengan keadaan anda saat ini. Anda tak mempunyai benda-benda mahal, melakukan perawatan kecantikan di klinik kecantikan, atau jalan-jalan seperti yang teman anda lakukan.

Anda akan merasa tidak ada apa-apanya ketika melihat kehidupan orang lain di media sosial anda, tapi ketahuilah media sosial tidak benar-benar menunjukkan kehidupan nyata seseorang.

Kurangilah berselancar di dunia maya, karena hal itu bisa menurunkan rasa percaya diri anda.