ZONAUTARA.com –Tak bisa tidur memang masalah yang dialami oleh banyak orang. Penyebab tak bisa tidur memang ada banyak faktor. Jika anda salah satunya, maka perlu untuk mengenali penyebabnya, juga solusi yang bisa anda usahakan.

Ciri-ciri tidur yang sehat sendiri terjadi jika anda memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap hari. Selain itu, anda bisa terlelap kurang dari 20 menit. Tidur juga dikatakan sehat jika anda tidak terbangun beberapa kali di tengah tidur anda.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab tak bisa tidur dan solusinya.

1. Terlalu banyak konsumsi kafein

Sebuah studi yang dipublikasikan dengan judul Caffeine consumption, insomnia, and sleep duration: Results from a nationally representative sample, telah menunjukkan bahwa konsumsi kafein dan durasi tidur memiliki perbandingan terbalik. Dengan kata lain, tingkat kafein yang lebih tinggi akan membuat anda sulit untuk tidur dan kekurangan tidur.

Solusinya, kurangi konsumsi kafein anda. Apalagi jika dikonsumsi sebelum tidur. Konsumsi kafein yang berlebihan juga tak baik untuk kesehatan lambung anda. Lebih baik anda menggantinya dengan meminum air putih agar sehat.

2. Bisa jadi anda stres

Mengutip Mindbodygreen, Nishi Bhopal, M.D., seorang psikiater spesialis dalam pengobatan tidur, mengatakan bahwa stressor situasional seperti perubahan pekerjaan, dapat mempengaruhi tidur seseorang.

Jika stres menyerang anda sebelum tidur, maka detak jantung anda akan berdegup kencang dan membuat anda kesulitan untuk tidur.

Sebagai solusi, anda bisa melakukan aktivitas yang dapat menurunkan detak jantung anda. Anda bisa melakukan yoga atau meditasi sebelum tidur.

3. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Ketika anda makan banyak sebelum tidur, tubuh anda masih sibuk mencerna makanan anda. Hal itu tidak baik untuk tubuh anda.

Solusinya, makan beberapa jam sebelum tidur, sekitar 4-5 jam lebih awal.

4. Kondisi kamar yang tak kondusif

Kesulitan anda untuk tidur bisa jadi kondisi tempat tidur anda yang tidak kondusif. Mungkin kamar anda berantakan atau anda tidur dengan seseorang yang tak membuat anda nyaman.

Maka dari itu, identifikasi atmosfer tidur anda. Bersihkan kamar anda jika dirasa kamar yang berantakan membuat anda susah tidur. Hilangkan pengganggu tidur anda supaya anda tidur lebih nyenyak.

5. Efek malam pertama

First Night Effect (FNE) merupakan fenomena di mana anda sulit tidur karena sedang berada di tempat yang baru. Adaptasi ini perlu dilakukan, baik peralatan tidur maupun lingkungan tidur.

6. Kebiasaan waktu tidur yang tak teratur

Jika tiap harinya anda memiliki waktu tidur tak teratur, maka itu akan mempengaruhi juga kepada kesusahan anda untuk tidur.

Mulai biasakan anda tidur di waktu yang sama setiap hari, agar siklus tidur anda selalu teratur.