ZONAUTARA.com — Untuk kamu yang sudah menghabiskan hari dengan luar biasa, kamu layak mendapat hadiah. Hadiah tak melulu dari orang lain, kamu juga bisa membeli hadiah untuk diri sendiri,. Hal ini biasa disebut dengan self-reward.

Ngomong-ngomong soal hadiah, kamu tidak perlu memikirkan sesuatu yang mewah. Melakukan self-reward tak perlu harus menguras dompet. Yang paling penting dari self-reward adalah, bagaimana kamu mengapresiasi dirimu sendiri setelah berusaha keras.

Self-reward juga bisa kamu lakukan untuk semakin memacu dan memotivasi diri kamu agar kedepannya kamu semakin semangat dalam menjalani hari. Untuk itu, berikut merupakan rekomendasi hadiah yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri sebagai self-reward.

1. Jalan-jalan dan menikmati hari

Ketika kamu sudah lelah berada dalam kamar dan menghadapi banyak meeting, dan akhirnya semuanya selesai dengan baik, luangkan waktumu untuk jalan-jalan menghirup udara segar.

Kamu bisa jalan-jalan menggunakan sepeda ketika cuaca sedang bagus di sore hari atau kamu juga bisa jalan kaki mengelilingi taman. Me time dengan pergi ke mall sendiri juga bisa kamu lakukan. Yang penting, mikmati perjalananmu dan apresiasi dirimu.

2. Maraton nonton film

Film merupakan salah satu hiburan yang bisa menjadi pilihan untuk menjalani self-reward. Di hari-hari yang serba sibuk, jika tak sempat menonton film favoritmu tepat di hari perilisannya, maka gunakan waktu luangmu untuk menontonnya sebagai self-reward. Kamu bisa buat daftar film, drama, maupun anime kesukaan yang bisa kamu tonton.

3. Membeli makanan dan minuman kesukaan

Pasti tak lengkap jika kamu menonton film tanpa makanan dan minuman kesukaan, kan? Sebagai self-reward, kamu bisa membeli kopi kekinian dan makanan kesukaan yang belum sempat kamu cicipi ketika harimu sedang sibuk.

Kamu juga bisa mengunjungi kafe yang tenang untuk memanjakan dirimu sendiri. Jika tak mau sendirian, ajak teman-temanmu dan nikmati waktu senggangmu, tapi jangan lupa mengikuti protokol kesehatan agar kamu tetap sehat di masa pandemi ini.

4. Beli barang-barang sesuai hobi

Jika kamu hobi menulis, maka kamu bisa membeli pena warna-warni atau kertas surat lucu. Jika kamu hobi melukis, kamu bisa membeli palet cat warna baru. Belilah barang yang mendukung hobi kamu.

Membeli sesuatu untuk hobi yang kita suka tentu akan sangat menyenangkan dan lebih memotivasi kita untuk melangkah ke hari berikutnya.

5. Bersih-bersih

Membersihkan ruang kerja atau kamarmu bisa menjadi self-reward setelah hari yang panjang. Bersih-bersih adalah kegiatan yang menyenangkan.

Ketika lingkungan di sekelilingmu bersih, maka akan ada kepuasan yang kamu dapatkan. Hal kecil tersebut bisa kamu buat sebagai self-reward untuk diri sendiri.