ZONUTARA.com – Sejumlah Bantuan Sosial (bansos) masih terus disalurkan oleh pemerintah di bulan September ini, di tengah kebijakan PPKM yang berlanjut.

Bansos-bansos itu digulirkan dalam rangka menjaga daya beli masyarakat saat masa PPKM mulai Juli 2021.

Beberapa bansos dianggarkan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dalam masa PPKM, pemerintah mempertebal anggaran PEN dari Rp 699 triliun, ke kisaran Rp 744 triliun.

Berikut ini 5 deretan bansos yang bakal dicairkan pemerintah pada September 2021:

1. Bantuan Subsidi Upah

Pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji (BSU) sebanyak Rp 1 juta kepada pekerja, dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta. Jika pekerja di wilayah PPKM yang UMK-nya di atas Rp 3,5 juta, maka menggunakan UMK sebagai batas kriteria upah.

Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji akan menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu selama dua bulan.

Bantuan tersebut akan diberikan dalam satu kali pencairan di bulan September ini. Penerima BLT Subsidi Gaji akan mendapat bantuan Rp 1 juta sekaligus.

2. Diskon Listrik

Kembali cair bulan September 2021, diskon listrik ini akan diperpanjang sampai Desember 2021, dan untuk yang sebelumnya, bakal berakhir September 2021.

Berikut besaran diskon listrik yang dikutip dari laman PLN:

  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.
Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

3. Kuota Internet Gratis

Kemendikbud akan menyalurkan bantuan kuota gratis mulai September hingga November 2021 untuk murid, mahasiswa, hingga guru dan dosen.

Besaran kuota internet yang didapat bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB, peserta didik SD-SMA sebesar 10 GB, pendidik PAUD-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen 15 GB per bulan.

4. PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) bakal kembali cair September 2021. Bantuan ini ditujukan untuk ibu hamil hingga anak sekolah. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai dan sembako.

Melalui PKH, keluarga yang memiliki ibu hamil/balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun. Sementara, keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun.

5. UKT

Bantuan selanjutnya yang akan cair September 2021 diberikan kepada mahasiswa. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp 2,4 juta ini untuk mahsiswa aktif yang membutuhkan. Tidak berlaku untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah maupun bidikmisi.

Jika biaya kuliah seorang mahasiswa lebih besar dari Rp 2,4 juta, selisih UKT dengan batas maksimal Rp 2,4 juta menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai kondisi mahasiswa.