ZONAUTARA.COM — Publik sedang ramai membicarakan penangkapan Coki Pardede, komika yang banyak digemari anak muda, lantaran kasus penyalahgunaan narkotika.

Saat ditangkap, Rabu (01/09/2021) malam, Coki masih dalam pengaruh Sabu. Penangkapan tersebut berdasarkan keterangan Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Pratomo Widodo dilakukan di perumahan di daerah Pagedangan, Kota Tangerang.

Tak hanya Coki, Kepolisian juga menjaring satu perempuan berinisial WLI yang bertugas sebagai penyuplai sabu. Keduanya dinyatakan positif ampetamin dan metampetamin berdasarkan hasil tes urine.

Penangkapan Coki merupakan hasil pengembangan dari informasi masyarakat. Dari informasi itu, dilakukan penyelidikan hingga ditemukan seorang kurir yang kemudian mengarah kepada Coki.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Deonijiu menyatakan, Coki Pardede mengonsumsi sabu dengan cara menyuntikkan sabu ke dalam tubuhnya lewat dubur. Deonijiu mengatakan bahwa cara tidak lazim itu biasanya dilakukan oleh pengguna di luar negeri.

“Iya (di luar negeri), memang dia (Coki) sampaikan sering digunakan di luar negeri yang dia tiru dan dia lakukan,” ujar Deonijiu, Jumat (03/09/2021).

Deonijiu mengatakan bahwa Coki mengetahui cara tersebut setelah menonton video dari Youtube. Cara itu sengaja dipilih Coki karena dirasa lebih efektif.

“Dia memperoleh resep dari Youtube. Youtube yang sering dia cari untuk cara penggunaannya yang mungkin lebih efektif,” kata Deonijiu.

Lebih lanjut, Deonijiu menyebut cara ini terbilang tidak lazim karena umumnya sabu dipakai dengan dibakar atau diisap.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polrestro Tangerang Kota, AKBP Pratomo Widodo mengatakan, Coki melakukan hal itu juga demi kenikmatan yang berbeda. Coki sebelumnya pernah memakai dengan cara dibakar, lalu mencari cara lain.

Sebelum fasih, Coki mencoba dengan menggunakan dosis yang sedikit. Dilarutkan ke dalam air mendidih, dimasukkan ke jarum suntik, lalu disuntikkan lewat dubur.

“Jadi dicoba dulu dari sedikit demi sedikit dicoba dengan misalnya satu mili sabu, kemudian dilarutkan di air panas ya, kurang lebih sekitar 5 ml. Dicoba dulu. Nah ketika dicoba, dia merasa lebih enak,” tutur Pratomo.

Saat ini, Deonijiu memerintahkan timnya melakukan gelar perkara dan merubah status hukum Coki.

“Untuk ditingkatkan menjadi tersangka,” tandas Deonijiu.