ZONAUTARA.com – Film Mulan merupakan film live action yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Disutradari oleh Niki Caro, film Mulan diadaptasi dari legenda China The Ballad of Mulan. Film ini telah tayang sejak 4 September 2020 di layanan streaming Disney+ Hotstar.

Mengambil latar kehidupan kekaisaran China pada abad kelima, film Mulan mengisahkan tentang seorang gadis bernama Hua Mulan (Liu Yifei) yang merupakan anak pertama dari mantan prajurit perang bernama Hua Zhou (Tzi Ma). Hua Mulan tumbuh menjadi gadis yang cantik dan berkarakter kuat. Namun, ia sering dikucilkan karena menyukai beladiri dan berperilaku seperti laki-laki. 

Cerita berawal dari seorang Kaisar (Jet Li) yang mengeluarkan dekrit bahwa satu laki-laki dari setiap keluarga harus bergabung dengan angkatan darat kekaisaran untuk melawan penyerangan yang dilakukan bangsa Hun. 

Namun, di keluarga Mulan hanya memiliki satu laki-laki yaitu ayahnya. Kondisi ayah Mulan sudah sangat lemah dan tentunya tidak memungkinkan untuk terjun ke medan perang. 

Melihat kondisi sang ayah, Mulan memutuskan untuk menggantikannya di medan perang. Ia keluar dari rumah dengan membawa peralatan perang milik ayahnya dan pergi ke barak pelatihan prajurit angkatan darat dengan menyamar sebagai laki-laki. 

Di barak, tidak ada yang menyadari bahwa Mulan adalah seorang wanita. Termasuk pimpinan Mulan Komandan Tung (Donnie Yen). 

Komandan Tung mempunyai banyak anak buah, salah satunya ialah Honghui, seorang laki-laki ambisius yang berhasil membuat Mulan jatuh cinta.

Namun, di saat sedang bertarung dengan tentara Hun, Mulan mengejar beberapa pasukan sendirian. Hingga ia bertemu dengan Xianniang yang mengetahui identitas Mulan sebenarnya. Xianniang mengejek Mulan karena telah menyamar dan mencoba untuk membunuh Mulan. Namun, aksi itu gagal karena terhalang oleh pelindung kulit Mulan. 

Poster Film Mulan / Sumber : Instagram mulan

Akhirnya, Mulan tidak dapat menyembunyikan identitasnya lagi. Ia pun dikeluarkan dari pasukan tentara dan harus pulang ke rumah. 

Saat di perjalanan pulang ke rumah, Mulan bertemu dengan tentara Hun. Kemudian ia menyadari kalau tujuan tentara Hun adalah melakukan penyerangan ke batalion. 

Saksikan kisah lengkap aksi heroik Hua Mulan dalam film Mulan yang tayang di platform Disney+ Hotstar. 

Dalam Film Mulan tersirat sebuah pesan moral tentang kasih sayang keluarga yang tidak ada batasnya. Ini diperlihatkan oleh ayah Mulan yang selalu mengorbankan dirinya. Tak hanya ayah Mulan, karakter Mulan juga memperlihatkan bahwa kasih sayang seorang anak juga tidak kalah besarnya.