ZONAUTARA.com — Pernahkah anda sedang sibuk, pusing, kemudian berakhir dengan menyalahkan banyak hal? Terkadang pula, ketika anda sedang pusing, orang-orang di sekeliling anda tidak melakukan sesuatu sesuai dengan ekspektasi anda.

Mengapa orang-orang tidak memahami saya? Mengapa orang-orang tidak melakukan sesuatu sebaik apa yang saya lakukan kepadanya? Atau mengapa orang lain tidak mengerti apa yang saya rasakan? Jawabannya: orang lain memang tidak akan mengerti.

Hal-hal yang anda anggap “buruk” dan tidak sesuai dengan apa yang anda ekspektasikan tadi, merupakan hal-hal di luar kontrol dan kendali anda. Agar tak membuang energi anda sendiri, jangan harapkan apapun dan berekspektasi apapun dari orang lain.

Mungkin anda bisa memberi tahu orang lain tentang apa yang anda inginkan, namun lagi-lagi, keputusan untuk melakukan dan tidaknya, tidak bisa anda paksa dan kendalikan.

Jika anda menemui beberapa orang dengan sifat dan sikap yang tidak sesuai dengan preferensi anda, jangan ambil pusing dengan berharap banyak. Lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Identifikasi sifat, sikap, dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan preferensi anda

Setiap orang memiliki preferensi dalam suatu hubungan dan komunikasi antar manusia. Ada yang lebih suka dengan ucapan-ucapan lembut, ada yang lebih suka dengan ketegasan, dan lain-lain.

Sebagai contoh, jika anda menyukai ketegasan, maka anda mungkin akan merasa kesulitan berhubungan dengan orang yang lembut bukan? Namun bukan berarti apa yang dia lakukan salah, hanya tidak sesuai dengan preferensi anda.

Identifikasi hal-hal tersebut, apa yang anda suka dan anda tidak suka. Mana yang sesuai dengan preferensi anda dan mana yang kurang sesuai.

2. Temukan alasan mengapa anda tidak menyukainya

Setelah melakukan identifikasi sifat yang sesuai dan tidak, temukan alasan mengapa anda menyukai sesuatu dan tidak menyukainya. Menemukan alasan akan menjadikan anda lebih memaknai keputusan anda. Jangan hanya tidak menyukai sesuatu tanpa alasan. Sayangi energi dan pikiran anda, untuk tidak menyukai sesuatu tanpa alasan yang jelas.

Selain itu, temukan kemungkinan juga alasan mengapa orang lain bisa memberi respon kepada anda. Katakanlah seseorang menangis setelah anda menegurnya. Temukan kemungkinan alasan kenapa dia menangis, apakah karena anda yang terlalu tegas dan cenderung kasar, ataukah ia memiliki latar belakang yang membuatnya seperti itu.

3. Fokus pada tujuan anda dalam hubungan

Daripada anda fokus pada apa yang anda suka dan tidak suka, prioritaskan untuk fokus pada tujuan anda dalam menjalin hubungan. Misalnya, anda harus bekerja sama dengan seseorang. Suka atau tidak suka dengan tabiatnya, prioritaskan tujuan akhir anda dan hubungan anda dalam mencapai tujuan kerja sama.

4. Selalu evaluasi diri sendiri

Terbukalah dengan kemungkinan kesalahan. Anda bisa melakukan kesalahan, pun orang lain. Ketika anda mendapat masalah terkait hubungan antar sesama, terbukalah dengan kemungkinan bahwa bisa jadi ia yang salah, atau anda yang melakukan kesalahan.

Hubungan sosial memang sulit. Tiap orang memiliki perjuangan dan kesulitannya masing-masing. Jangan menutup diri dengan kemungkinan kesalahan yang kita perbuat agar bisa melakukan perbaikan di kemudian hari.