ZONAUTARA.COM — Konsep hidup berkelanjutan atau sustainability merupakan proses sosio-ekologis yang tidak membahayakan manusia dan bumi. Sehingga proses atau metode yang digunakan akan menguntungkan generasi masa kini dan masa depan.

Proses dan gaya hidup yang berkelanjutan tentu berada di tangan manusia, bukan mesin. Sehingga manusia yang punya banyak kendali untuk memaksimalkan metode dan hidup berkelanjutan.

Pada dasarnya, hidup berkelanjutan terletak pada produk, perilaku, dan aktivitas yang memenuhi kebutuhan makhluk hidup tanpa mengurangi dan mengubah akses sumber daya untuk generasi di masa depan.

Saat ini, banyak perusahaan yang mengembangkan produk non-polusi yang bergantung pada sumber daya baru terbarukan. Pengembangan penelitian tentang energi terbarukan pun terus dilakukan.

Hidup berkelanjutan memiliki banyak manfaat untuk kita dan generasi mendatang. Jika anda masih ragu melakukannya, alasan di bawah ini bisa menjadi alasan kuat mengapa anda perlu mendukung dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

1. Menjaga keanekaragaman hayati

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan akan menjaga keanekaragaman hayati di bumi. Misalnya, kita tidak menggunakan pestisida atau pupuk sintesis. Hal itu dapat meningkatkan keanekaragaman hayati lokal.

Penggunaan bahan berbahaya yang mengandung banyak nitrogen akan menguras kadar oksigen di air. Hal ini mempengaruhi suatu lahan menjadi tak layak huni dan menggusur spesies hewan dan tumbuhan. Hasilnya, banyak hewan dan tumbuhan yang mengalami kepunahan.

Produksi minyak sawit juga akan menciptakan efek deforestasi. Deforestasi sendiri merupakan penggundulan hutan untuk keperluan lain seperti pertanian atau kawasan perkotaan.

2. Menurunkan risiko kesehatan

Selama ini, polusi dari transportasi telah menghasilkan 29% dari emisi gas rumah kaca. Terlalu banyak menghirup polusi sebagai akibat dari pembuangan gas pabrik atau transportasi juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan seperi asma atau kanker paru-paru.

Tak hanya itu, menerapkan gaya hidup berkelanjutan seperti memakan ikan dengan cara tangkap yang sehat akan meningkatkan kesehatan, karena ikan menganduk banyak nutrisi untuk tubuh.

3. Menghemat uang

Sampah plastik yang banyak kita temukan baik di daratan dan lautan kebanyakan merupakan hasil dari pembelanjaan manusia. Gaya hidup ini bisa anda ubah dengan memasak makanan sendiri dan mengurangi pengunaan wadah plastik.

Selain itu, teknologi dan perangkat cerdas di rumah, memiliki energi berbahan dasar fosil. Pembakaran fosil tentu dapat menghasilkan emisi gas rumah kaca. Batasi ketergantungan anda pada energi agar mengurangi emisi, tentunya akan menghemat uang anda.

4. Meningkatkan umur sumber daya yang ada di bumi

Penggunaan sumber energi berlebihan tentu akan menghabiskan sumber energi hanya untuk masa sekarang atau beberapa tahun ke depan saja. Sedangkan, kebutuhan sumber energi diperlukan hingga generasi berikutnya.

Naiknya suhu akibat efek rumah kaca dan perubahan iklim juga berpengaruh pada banyak hal. Ia akan menguras persediaan air tawar dan mengurangi pasokan global air. Pernahkah anda membayangkan hidup tanpa air bersih?

Oleh karena itu, mari kita mulai menerapkan gaya hidup berkelanjutan untuk menjaga semua makhluk hidup di bumi ini.