ZONAUTARA.COM — Ledakan keras yang terjadi Sabtu (11/09/2021), pukul 08.00 WIB, di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondawetan, Kabupaten Pasuruan, menewaskan dua korban jiwa. Ledakan tersebut juga membuat panik warga setempat.

Menurut kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Gatot Repli Handoko, Ledakan diduga berasal dari bom ikan (Bondet). Kedua korban adalah sepasang bapak dan anak. Selain itu, ledakan tersebut juga berakibat luka-luka pada empat warga.

Polisi mengamankan barang bukti di lokasi kejadian, berupa: satu bandel tas plastik berwarna hitam dan tumpukan sobekan kertas, yang diduga mengandung misui/bahan peledak.

Wakapolres Pasuruan Kota, Hery Dian Wahono mengatakan, Tim Gegana melakukan penyisiran di lokasi ledakan, untuk mengetahui dan memastikan tidak ada bahan ledakan yang tersisa yang dapat mengakibatkan ledakan susulan.

“Kami juga memasang garis polisi di lokasi supaya masyarakat tidak mendekati lokasi tempat kejadian perkara,” kata Hery.

Ia mengatakan pihaknya juga memeriksa sejumlah orang saksi, termasuk juga keluarga korban yang meninggal dunia akibat ledakan tersebut.

Dari kejadian ledakan itu, dua korban tewas, yaitu, Mat Sidiq (60), ditemukan tewas di lokasi kejadian di bawah reruntuhan rumah mereka, dan Gofar (40) meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sedangkan empat korban luka-luka yakni: Imron (30), Siti Khoiriyah (45), Fery (13), dan Arik (6 bulan). Keempatnya sedang menjalani perawatan di Puskesmas Gondangwetan.