Negara lain alami lonjakan kasus Covid-19, Indonesia justru konsisten terus turun

  • Share
Covid-19
Ilustrasi kasus covid-19 dari Unsplash

ZONAUTARA.com – Sejumlah negara lain saat ini tengah mengalami lonjakan ketiga kasus Covid-19, lantaran penyebaran virus Covid-19 varian baru.

Namun berbeda dengan Indonesia, yang saat ini \terus mengalami penurunan angka kasus setiap harinya.

Setiap negara memang memiliki puncaknya masing-masing, seperti halnya Malaysia, Jepang dan Amerika Serikat yang berada di puncak gelombang pertama secara bersamaan, justru berbeda-beda saat mengalami lonjakan kasus kedua.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers, Selasa (14/9).

“Uniknya ketika dunia dan negara lainnya mengalami puncak kedua pada April 2021, Indonesia justru masih terus mengalami pelandaian kasus, dan ketika Indonesia mengalami puncak kasus kedua di Juli lalu, justru negara lain tidak naik, dan pada September ini kasus terus melandai sedangkan negara lain mengalami puncak ketiga,” kata Wiku.

Baca Pula:  Tomohon catat 170 dari 708 kasus baru Covid-19 di Sulut pada 31 Juli, Minahasa 153

Wiku mengklaim, ini merupakan butki bahwa Indonesia mampu menangani lonjakan kasus kedua sepanjang Juli-Mei kemarin, sehingga saat ini belum terjadi gelombang kasus ketiga.

“Lonjakan kasus segera dapat ditangani, sehingga kurva menunjukkan pelandaian hingga saat ini, di saat negara lain mengalami lonjakan kasus ketiga, perkembangan yang baik ini sudah sepatutnya kita apresiasi karena menunjukkan ketahanan bangsa kita dalam menghadapi pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dia pun berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang dapat bekerja sama mematuhi protokol kesehatan dan aturan PPKM hingga tenaga kesehatan yang berjibaku mengendalikan lonjakan kedua.

Baca Pula:  Menjaga intimasi hubungan rumah tangga selama pandemi Covid-19

“Jumlah penduduk Indonesia yang mirip dengan Amerika Serikat ternyata Indonesia jauh lebih kecil pada jumlah kasus positif harian dan jumlah kasus per 1 juta penduduk, bahkan jumlah tersebut masih lebih kecil dibanding negara tetangga yang jumlah penduduknya lebih sedikit dibanding negara kita,” ucap Wiku.

Kendati demikian, Wiku mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan tidak jumawa dengan kondisi saat ini. Masyarakat diminta tetap menaati protokol kesehatan dan sesegera mungkin mengikuti vaksinasi.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com