ZONAUTARA.com – Memiliki keluarga yang sehat dan membawa kebahagiaan memang impian banyak orang. Damai, penuh cinta, saling menyayangi dan mengasihi, adalah rutinitas impian.

Keluarga yang sehat dan bahagia juga akan menghindarkan kita dari stress karena pekerjaan dan masa tua. Rumah tempat kita pulang tak hanya didefinisikan sebagai bangunan, namun juga orang-orang, anggota keluarga, yang membuat kita nyaman.

Untuk membangun keluarga harmonis, sehat, dan penuh kebahagiaan, maka coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tunjukkan rasa cinta satu sama lain dan beri afeksi

Tak perlu malu untuk memberi dan menerima cinta dari anggota keluarga satu sama lain. Kebiasaan saling mengungkapkan rasa syukur dan sayang atas kepemilikan masing-masing sedari kecil akan terbawa hingga besar, sampai menjadi orang tua, bahkan kakek nenek.

Pupuk cinta kepada keluarga sejak dini. Agar kita bisa menanamnya nanti ketika sudah berumur. Pasti akan sangat membahagiakan ketika kita melihat keluarga kecil hingga besar kita bahagia dan saling merangkul.

2. Pererat hubungan anda dengan pasangan

Pasangan memang salah satu elemen penting dalam keluarga. Dengan pasangan, kita akan menerpa badai bandang dan juga air yang tenang. Hubungan dengan pasangan tentu akan menentukan bagaimana hubungan kita dengan anggota keluarga yang lain.

Perlakukan pasangan dengan hormat dan penuh kasih sayang. Beri dia kepercayaan yang besar, dan pegang kepercayaan itu. Bersama-sama arungi kehidupan keluarga bagaimana pun kondisinya. Pererat komunikasi juga.

3. Rayakan tanggal-tanggal penting

Salah satu hal yang membuat keluarga teringat satu sama lain adalah karena mereka mengingat tanggal-tanggal penting. Jadikan beberapa tanggal penting sebagai tanggal yang sakral sehingga perlu dirayakan.

Tak perlu perayaan yang mewah, cukup perayaan yang sederhana. Yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai tanggal-tanggal tersebut. Tanggal yang bisa anda rayakan seperti tanggal ulang tahun, tanggal anniversary pernikahan, dan lain-lain.

4. Berlibur bersama keluarga

Agar keluarga tak hanya bosan di rumah, atau jika keluarga anda berjauhan, maka solusi yang tepat adalah melakukan liburan bersama. Liburan bersama juga tak harus dilakukan dengan cara yang mewah. Anda juga bisa mengagendakan jalan-jalan pagi bersama misalnya. Maknai momen dengan keluarga anda ketika berlibur.

5. Ciptakan tradisi keluarga dan selenggarakan secara teratur

Setiap keluarga pasti memiliki tradisinya masing-masing. Anda juga perlu membuatnya. Misalnya, anda dan keluarga akan melakukan perayaan lebaran dengan makan bersama-sama, maka lakukanlah. Tradisi yang dilakukan rutin dan turun temurun ini tentu akan mempererat hubungan anggota keluarga.