ZONAUTARA.COM — DKI Jakarta digadang-gadang sebagai provinsi pertama yang berhasil menyelesaikan program vaksinasi pemerintah, lantaran kini jumlah vaksinasi telah mencapai lebih dari 10 juta dosis.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat memberikan sambutan di acara Muswil III Gerakan Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Jakarta, dan Pidato Perdana Haji Lulung secara virtual, Minggu (19/09/2021).

“Alhamdulillah DKI Jakarta sudah 10 juta lebih dari target 11 juta vaksin DKI Jakarta, kita Insya Allah jadi provinsi pertama yang nanti akan menyelesaikan vaksin dibanding provinsi lain,” papar Riza.

Tak hanya itu, berdasarkan paparan Riza, saat ini sudah tidak ada lagi antrean rumah sakit lantaran Covid-19 di DKi Jakarta. Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Center Unite (ICU) telah lega dari antrean. Pusat penjualan oksigen juga telah terbebas dari antrean.

Keadaan yang sudah berangsur kembali normal ini, kata Riza, diikuti dengan sejumlah pelonggaran-pelonggaran kegiatan oleh pemerintah. Hal itu membuat potensi masyarakat yang keluar rumah, interaksi, dan kerumunan menjadi bertambah.

“Itu artinya, sesungguhnya potensi penyebaran juga bisa bertambah,” kata Riza.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah dan tidak keluar kecuali untuk kepentingan penting. Selain itu, ia meminta warga Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan aturan PPKM Level 3.

Riza menyebut, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 adalah dengan memasifkan program vaksinasi.

Riza juga menyampaikan, pihaknya bersyukur lantaran telah melaksanakan vaksinasi dengan baik.

“Mudah-mudahan ini pertanda baik,” pungkas Riza.