ZONAUTARA.COM — Setiap harinya, anda pasti mengalami hal-hal baru yang menimbulkan pertanyaan. Baik pertanyaan dari orang lain ke anda, maupun pertanyaan anda untuk diri anda sendiri. Namun, saat itu anda pasti memiliki banyak waktu untuk mencari tahu. Lalu bagaimana jika pertanyaan itu diajukan ke anda saat wawancara kerja?

Improvisasi dalam menjawab pertanyaan sulit ini tentunya dibutuhkan dalam wawancara. Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk memberi komentar atau menjawab secara dadakan terhadap suatu hal yang sulit dan tak terduga.

Pertanyaan diajukan tak hanya untuk mendapatkan informasi, bisa jadi juga untuk menguji pengetahuan dan penalaran anda. Kemampuan untuk menjawab pertanyaan dibangun oleh dua prinsip, yaitu, memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjawab, dan tenang saat menyampaikan informasi.

Meski setiap pertanyaan memiliki jawabannya secara spesifik, namun, beberapa tips berikut ini dapat membantu anda setidaknya berimprovisasi dan memberi jawaban yang mulus dan tenang saat wawancara kerja.

1. Jadilah diri sendiri

Di atas segalanya, dan sebelum anda menjawab pertanyaan apapun, yang terpenting adalah jawab pertanyaan secara apa adanya diri anda. Tak perlu memanipulasi dan membohongi tanpa tujuan yang jelas.

Lebih baik jika anda menjawab pertanyaan ketika menjadi diri anda sendiri. Menjawab pertanyaan dengan jujur akan membuat anda tidak gugup berlebihan dan tak perlu memikirkan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

2. Beri sedikit waktu untuk berpikir

Saat menerima pertanyaan dadakan dan dirasa sulit, maka anda tentu tidak bisa menjawabnya secara langsung dan instan. Kepala anda butuh sedikit waktu untuk memproses jawaban apa yang tepat untuk pertanyaan yang diajukan.

Maka dari itu, anda bisa mengulur waktu dengan mengulang dan menegaskan kembali pertanyaan yang diajukan. Tetap percaya diri dan jangan sampai penundaan waktu akan membuat pewawancara menilai anda ragu dan tidak yakin dengan jawaban anda.

3. Jangan sampai salah dalam menginterpretasi pertanyaan

Saat menerima pertanyaan yang sulit, jangan sampai anda serta merta melahap pertanyaan tersebut. tetap fokus dan pahami maksud pertanyaannya. Salah mengartikan pertanyaan hanya akan membuat anda kehilangan fokus dan memberi jawaban ke mana-mana.

Tidak masalah untuk meminta agar pertanyaan diulang. Biasanya, pertanyaan setelah diulangi lebih jelas dan lugas. Anda juga bisa mengklarifikasi maksud dari penanya dan juga definisi frasa yang ditanyakan.

4. Menghadapi pertanyaan yang tak mau anda jawab

Beberapa pertanyaan mungkin menyangkut hal-hal yang tak mau anda jawab karena bagian dari privasi anda. Untuk menghadapi hal ini, respon dengan salah satu aspek di mana anda mau menjawabnya. Anda juga bisa memfokuskan kembali pertanyaan agar lebih jelas.

5. Diskusikan pertanyaan sensitif

Terkadang, pertanyaan sulit bisa terlontar karena penanya ingin mendiskusikannya kepada anda, karena tidak ada jawaban tunggal untuk didiskusikan. Penanya hanya ingin tahu bagaimana cara berpikir anda bagaimana logika anda berjalan.

6. Jawab dengan terus terang

Beberapa pertanyaan lebih baik jika dijawab secara terus terang. Jawaban lugas akan membuat penanya tak lagi menanyakan lebih banyak pertanyaan lanjutan.