ZONAUTARA.COM — Pengumuman nama pengganti Azis Syamsuddin, yang mulanya dijadwalkan akan disampaikan pada Senin (27/09/2021), harus mengalami penundaan.

Pasalnya, terdapat sejumlah prosedur resmi yang harus diikuti, serta padatnya kegiatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pasca dilakukan penundaan tersebut, Airlangga menggelar rapat pleno DPP Partai Golkar, di Kantor DPP Golkar Jakarta Barat, Senin (27/09/2021) malam lalu.

Rapat tersebut menghasilkan keputusan tanggal pengumuman nama pengganti, yakni hari ini, Rabu (29/09/2021). Nama yang diprediksi menjadi pengganti tersebut adalah Lodewijk Freidrich Paulus.

“Jadi pertama tentu, masih ada proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada. Baik di partai, maupun di DPR. Oleh karena itu, akan diumumkan Rabu jam 4 sore di DPR,” kata Airlangga.

Sebelumnya, sempat santer beredar wacana bahwa mantan Danjen Kopassus yang juga Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus digadang-gadang menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis. Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Supriansa menilai Lodewijk memiliki kelebihan, sehingga punya peluang menggantikan Azis.

“Ya, Pak Sekjen adalah bagian daripada yang memang menjadi perhatian tentu di Pak Ketua Umum, karena memiliki kira-kira banyak kelebihan di antara banyak kelebihan yang dimiliki oleh beliau,” kata Supriansa, Senin (27/09/2021) lalu.

Sebelumnya, lantaran ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Aziz Syamsuddin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua DPR RI periode 2019-2024.