ZONAUTARA.COM- Pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2020 digelar dengan metode pembelajaran jarak jauh.

Kegiatan latsar sendiri dibuka langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh secara virtual Senin 4 Oktober 2021 diruang rapat Bupati Bolmut. Pembukaan latsar turut dihadiri wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Sekda Bolmut Asripan Nani dan pimpinan OPD.

Bupati mengatakan pelaksanaan kegiatan latsar CPNS tahun ini terdapat perubahan mendasar khususnya dalam mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Sehingga dilakukan penyesuaian dalam sistem penyelenggaraan latsar. Dari metode klasikal berubah menjadi metode blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran klasikal dan pembelajaran mandiri,” ujarnya.

Metode pembelajaran ini adalah suatu model pembelajaran yang menggabungkan metode pengajaran face to face dengan metode pengajaran berbasis komputer, baik secara offline maupun online untuk membentuk suatu pendekatan pembelajaran terintegrasi.

“Yang memiliki enam unsur pembelajaran yaitu tatap muka, aplikasi, belajar mandiri, tutorial, kerjasama dan evaluasi,” tutur Pontoh.

Ia mengatakan pola pembelajaran ini merupakan solusi efektif dalam pelaksanaan latsar CPNS dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Dengan tidak menggeser teori-teori pembelajaran lama,” katanya.

Sementara itu kepala BPSDM provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Marhaen Royke Tumiwa menuturkan latsar ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran jarak jauh karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Para peserta diharapkan mengikuti aturan-aturan yang ada,” harapnya.

Kepala Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmut Khristanto Nani menambahkan peserta latsar ada 120 orang.

“Terdiri dari 33 laki-laki dan 87 perempuan. Selain itu peserta latsar dengan golongan 3 ada 96 orang serta golongan 2 ada 24 orang,” jelasnya.