ZONAUTARA.COM — Dari 10 provinsi yang mengikuti Eksibisi cabang olahraga (cabor) Kurash, di PON XX Papua, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu yang ambil bagian.

Eksibisi cabor beladiri asal Uzbekistan tersebut, digelar di Auditorium Bapelkes Padang Bulan, Kota Jayapura, Selasa (05/10/2021).

9 provinsi lain yang ikut serta di cabor Kurash, yakni: Aceh, Jambi, Lampung, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan tuan rumah Papua.

Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal di wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

Gerakan dasar olahraga Kurash ini menyerupai olahraga beladiri Gulat dan olahraga beladiri Judo, hanya saja dalam Kurash, kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, dan tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

Eksibisi Kurash dibuka langsung oleh Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Norman berharap, pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar, agar dapat dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Menurutnya, Kurash adalah cabang olahraga yang kini diperhitungkan serta siap mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh peserta eksibisi Kurash ikut melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Anggota provinsi-provinsi, di kabupaten/kota akan berkembang dengan pesat dengan banyaknya anggota yang ikut, berarti memudahkan pengurus besar untuk mencari bakat-bakat yang ada di daerah-daerah itu sendiri,” kata Norman.

Sebelumnya ketua Umum Pengurus Besar Federasi Kurash Indonesia (PB.Ferkushi) Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin dalam sambutannya mengatakan, dalam empat tahun ini, Atlet Kurash Indonesia sudah mengikuti sejumlah event internasional.

“Kalau di dalam negeri, baru kali ini dilibatkan dalam kegiatan olahraga multievent. Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat beserta jajarannya yang mengizinkan kita melaksanakan eksibisi,” ungkapnya.

“Walau kita baru, kita bisa memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan ini,” tambahnya.

Senada, Ketua Umum Ferkushi Papua, Berth Sibi, memberikan apresiasi atas perhatian dan kehadiran langsung Ketum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman dan Ketua PB Ferkushi, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin.

“Kami mengucapkan Terima Kasih kepada bapak Ketua Umum Kurash, serta Ketua Umum KONI Pusat dan yang boleh meluangkan waktu untuk hadir langsung membuka kegiatan Eksebisi Kurash. Ini menunjukan dukungan beliau kepada Kami”.

Kami juga bersyukur karena bisa menjadi bagian dari sejarah Olahraga Kurash di Indonesia. Tentu kita akan menantikan dan berbangga jika kedepan Kurash juga sudah menjadi Olahraga resmi di PON,” papar Berth yang juga selaku Technical Delegate (TD) eksibisi Kurash PON XX.