ZONAUTARA.com — Semakin dekat dengan kemenangan memperebutkan Medali Emas, Tim Basket Sulut berhasil melaju mulus ke final PON XX Papua, mengalahkan Tim dari Jawa Tengah (Jateng), siang tadi, Kamis (07/10/2021).

Pertandingan kedua tim, yang digelar di Mimika Sport Compleks (MSC), Mimika siang tadi, menjadi penutup rangkaian pertandingan babak empat besar untuk semifinal putra.

Saat berhasil masuk semifinal, Pelatih Tim Basket Putra Sulut, Roland Lengkong menganggap aksi Tim Sulut di PON XX Papua merupakan sebuah kejutan. Benar adanya. Hari ini pun, Tim asuhannya beraksi dengan mengejutkan.

Pasalnya, Sulut sempat tertinggal dengan perbedaan 11 poin di tiga quarter, tapi di quarter keempat, mereka sukses membangun serangan.

“Hasil pertandingan tadi membuktikan Tuhan Yesus Luar biasa, kami cukup kewalahan di quarter awal hingga quarter ketiga. Kita hampir tidak tahu mau bikin apa tadi, tetapi dengan kemauan anak-anak yang tinggi, yang kokoh, sehingga kita bisa konsisten,” kata Roland.

Di dua menit terakhir quarter empat, Sulut akhirnya berhasil unggul dengan poin 65-57, yang membuat langkah Tim Basket Jatim terhenti ke babak final PON XX Papua.

“Sejarah baru, sejarah Sulut, baru pertama kali (masuk final), masuk empat besar pun baru pertama kali, masuk semi final, Puji Tuhan, Tuhan Yesus luar biasa, baru sekarang [berhasil cetak sejarah di PON],” ujar Roland.

Sejak babak penyisihan, Tim Sulut memang telah menunjukkan permainan kolektif, aliran bola cepat dan agresif, berhasil menyulitkan lawan.

Tim Basket Sulut selanjutnya akan berhadapan dengan DKI Jakarta di partai final nanti untuk memperebutkan Medali Emas.