ZONAUTARA.com – Apa tipe kepribadian anda? ESTP? INTJ? Anda pasti sering melakukan tesnya. Ternyata, tipe kepribadian pun dapat mempengaruhi penghasilan anda. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Suatu hari, anda baru saja melakukan presentasi di tempat kerja, dan terdapat rekan kerja yang blak-blakan menantang ide Anda. Bagaimana respon anda? Apakah anda akan terlibat dalam debat persahabatan tentang manfaat setiap argumen, atau menghindari konflik dengan menyetujui atau mengubah topik pembicaraan?

Mengutip dari World Economic Forum, cara Anda mendekati situasi semacam ini dapat memengaruhi berapa banyak uang yang Anda peroleh. Infografis dari Truity ini menguraikan hubungan potensial antara tipe kepribadian dan pendapatan.

Infografis riset (Sumber: www.truity.com)

Tipe kepribadian Myers-Briggs

Tes kepribadian Myers-Briggs berfungsi sebagai kerangka kerja yang kuat untuk menganalisis hubungan antara kepribadian dan pendapatan, dengan cara yang mudah dipahami dan akrab bagi banyak orang.

Teori ini menguraikan empat dimensi kepribadian yang digambarkan menggunakan sifat-sifat yang berlawanan.

  • Extraversion vs Introversion: Ekstrovert mendapatkan energi dengan berinteraksi dengan orang lain, sementara introvert menarik energi dari menghabiskan waktu sendirian.
  • Sensing vs. Intuition: Sensing lebih menyukai informasi konkret dan faktual, sementara tipe intuitif menggunakan imajinasi atau pola yang lebih luas untuk menafsirkan informasi.
  • Thinking vs. Feeling: Pemikir membuat keputusan rasional berdasarkan logika, sementara perasa membuat keputusan empatik dengan mempertimbangkan kebutuhan orang lain.
  • Judging vs. Perceiving: Tipe yang Judging mengatur hidup mereka secara terstruktur, sementara tipe Perceiving lebih fleksibel dan spontan.

Para peneliti mensurvei lebih dari 72.000 orang untuk mengukur empat preferensi kepribadian ini, serta 23 aspek unik kepribadian, tingkat pendapatan, dan data terkait karier.

Sifat dengan potensi penghasilan tertinggi

Berdasarkan empat dimensi di atas, seseorang dengan kepribadian ekstrovert, Sensing, pemikir, dan Judging, cenderung paling sukses secara finansial.

Misalnya, ekstrovert jauh lebih mungkin untuk memiliki pendapatan yang lebih tinggi jika mereka cepat untuk berbagi pemikiran, memiliki energi yang tinggi, dan suka berada di mata publik. Pemikir juga mendapat nilai tinggi pada potensi pendapatan, terutama jika mereka menikmati debat, membuat keputusan rasional, dan memoderasi emosi mereka.

Tipe dengan pendapatan teratas

Tipe kepribadian mana yang menghasilkan pendapatan tertinggi dari semuanya? Tipe pemikiran ekstrovert mendominasi peringkat lagi.

Satu-satunya pengecualian di luar kepribadian ekstrovert adalah INTJ, dengan 10% mendapatkan gaji tahunan $150K atau lebih di tahun-tahun penghasilan puncak mereka.

Maksimalkan potensi Anda

Apakah kepribadian introvert ditakdirkan untuk gaji yang lebih rendah? Belum tentu masih banyak faktor lain yang berkontribusi pada tingkat pendapatan, seperti tingkat pendidikan, pengalaman, jenis industri, dan lain-lain. Yang terpenting adalah maksimalkan segala potensi yang anda miliki.