ZONAUTARA.com – Internet broadband telah menjadi elemen vital bagi kehidupan modern. Mengingat betapa ketergantungan banyak orang pada koneksi internet berkualitas tinggi untuk bekerja, sekolah, dan bersosialisasi, tidak berlebihan untuk menyimpulkan bahwa koneksi internet yang baik adalah kebutuhan yang setara dengan air dan listrik.

Menggarisbawahi pentingnya hal ini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Economic Journal: Economic Policy dengan judul Wired and Hired: Employment Effects of Subsidized Broadband Internet for Low-Income Americans, menunjukkan betapa banyak keluarga berpenghasilan rendah di Amerika mendapat manfaat dari akses broadband yang sebelumnya tidak mereka miliki.

Internet cepat membawa manfaat

Studi yang dilakukan oleh George Zuo dari University of Maryland, meneliti keluarga yang berpartisipasi dalam program Internet Essentials (IE) yang ditawarkan oleh Comcast sebagai bagian dari kesepakatan yang mereka buat dengan pemerintah AS.

Program ini menawarkan internet broadband 15 megabit per detik (Mbps) seharga $9,95 per bulan kepada keluarga dengan anak-anak yang memenuhi syarat. Harga diskon adalah $20 hingga $30 lebih rendah daripada harga nonpromosi biasa untuk kecepatan yang setara. Program ini juga memberikan manfaat tambahan seperti keringanan biaya dan materi instruksional untuk mengurangi biaya finansial dan psikis lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa memberi orang-orang internet murah dan terjangkau berdampak baik. Mereka yang memenuhi syarat untuk program lebih mungkin untuk dipekerjakan daripada mereka yang berada di area yang sama yang tidak memenuhi syarat untuk program tersebut.

Dr Zuo menjelaskan dalam studinya bahwa ketersediaan Internet Essentials menyebabkan peningkatan 0,9 poin persentase (1,6 persen) dalam kemungkinan bahwa individu berpenghasilan rendah yang memenuhi syarat dipekerjakan. Setelah menyesuaikan tingkat penerimaan, saya menghitung bahwa pendaftar adalah 8,1 poin persentase (14,3 persen) lebih mungkin untuk dipekerjakan.

Internet murah bukan obat dari segalanya

Tidak seperti penelitian sebelumnya yang mengaitkan peningkatan akses internet dengan orang-orang yang menemukan pekerjaan bergaji tinggi, penelitian ini tidak menemukan bukti bahwa pekerjaan yang dapat diakses orang memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi.

Namun, kebanyakan orang menyebut internet sebagai alat terpenting yang mereka miliki untuk mencari pekerjaan baru. Peningkatan akses internet tidak hanya membuat pencarian pekerjaan lebih mudah, tetapi untuk bekerja dengan pilihan posisi yang lebih banyak.