ZONAUTARA.com – Benda-benda langit mulai dari bintang, satelit, komet, dan lain-lain tak terhitung jumlahnya. Namun, para astronom telah memetakan sekitar satu juta galaksi yang sebelumnya belum ditemukan di luar Bima Sakti, dalam survei paling rinci tentang langit Selatan yang pernah dilakukan menggunakan gelombang radio.

Rapid ASKAP Continuum Survey (RACS) telah menempatkan teleskop radio SKA Pathfinder Australia (ASKAP) CSIRO di peta astronomi internasional.

Sementara survei sebelumnya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan, survei RACS ASKAP dilakukan dalam waktu kurang dari dua minggu. Waktu yang singkat ini tentu memecahkan rekor kecepatan sebelumnya. Data yang dikumpulkan telah menghasilkan gambar lima kali lebih sensitif dan dua kali lebih detail dari yang sebelumnya.

Apa itu astronomi radio?

Sebagian besar objek di alam semesta (termasuk manusia) memancarkan radiasi pada spektrum yang luas, yang disebut spektrum elektromagnetik termasuk cahaya tampak dan tidak terlihat seperti sinar-X, sinar ultraviolet, cahaya inframerah dan gelombang radio.

Untuk memahami alam semesta, kita perlu mengamati seluruh spektrum elektromagnetik karena setiap panjang gelombang membawa informasi yang berbeda.

Gelombang radio memiliki panjang gelombang terpanjang dari semua bentuk cahaya. Mereka memungkinkan kita untuk mempelajari lingkungan paling ekstrem di alam semesta, dari awan gas dingin hingga lubang hitam (black hole) supermasif.

Sebuah terobosan

Mengutip dari The Conversation, Aidan Hotan, kepala peneliti ASKAP, CSIRO mengatakan bahwa tim Divisi Astronomi dan Ilmu Luar Angkasa CSIRO telah memecahkan rekor dengan mensurvei 83% langit hanya dalam sepuluh hari.

Dengan survei RACS, mereka menghasilkan 903 gambar, masing-masing membutuhkan waktu pemaparan selama 15 menit. Mereka kemudian menggabungkannya menjadi satu peta yang mencakup seluruh area.

Para astronom telah mengidentifikasi sekitar tiga juta galaksi di luar galaksi bima sakti. Sangat banyak bukan?

Untuk apa memetakan alam semesta?

Kita tahu betapa pentingnya peta di Bumi. Mereka memberikan bantuan navigasi penting dan menawarkan informasi tentang medan yang berguna untuk pengelolaan lahan.

Demikian pula, peta langit memberi para astronom pengetahuan penting untuk penelitian. Mereka dapat memberi tahu kita bagaimana galaksi-galaksi tertentu berperilaku.