ZONAUTARA.com – Dibalik situasi pandemi dan epidemi yang telah dilalui manusia selama ini yang terasa mengerikan, telah banyak inovasi yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran bakteri. Salah temuan inovatif diciptakan oleh dua orang penemu yang merancang pegangan pintu yang bisa membersihkan sendiri.

Ketika anda memikirkan tempat atau benda yang banyak terkena kuman atau bakteri, maka anda pasti akan menyelipkan gagang pintu dalam daftar. Ini merupakan fakta yang perlu diketahui, bahwa pegangan pintu yang kotor dapat menyebarkan penyakit dalam waktu singkat.

Beberapa orang bahkan tidak akan menyentuh pegangan pintu kamar mandi jika mereka bisa menghindarinya. Saat pandemi Covid-19 berlangsung, banyak orang menyarankan untuk membuka pintu dengan siku.

Namun, masalah tentang pegangan pintu sebagai sumber kuman mungkin akan segera berakhir. Sepasang lulusan dari University of Hong Kong telah menemukan pegangan pintu yang menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk menjaga dirinya bebas kuman.

Pegangan pintu ini berupa tabung kaca dengan bahan aluminium di kedua ujungnya. Lapisan tipis titanium dioksida menutupi kaca. Sinar UV pada pegangan pintu memicu reaksi kimia yang menghancurkan kuman. Sinar UV itu sendiri ditenagai oleh generator kecil yang menggunakan energi kinetik membuka dan menutup pintu untuk menghasilkan listrik.

Upaya menjaga kebersihan gagang pintu bukanlah hal baru. Kebanyakan orang melakukan pembersihan gagang pintu selama wabah penyakit dan menciptakan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, dari bahan tahan kuman seperti kuningan atau perak.

Pegangan pintu gunakan UV

Namun, sistem ini jauh lebih efektif daripada apa pun yang dicoba sebelumnya. Pengujian menunjukkan 99,8% mikroba terbunuh oleh sinar UV.

Pencipta pegangan, Sum Ming Wong dan Kin Pong Li, menjelaskan bahwa inovasinya terinspirasi oleh pengalaman epidemi SARS di awal 2000-an.

Pada tahun 2003, SARS menyebar di Hong Kong. Orang-orang lebih memperhatikan pentingnya kesehatan masyarakat. Dari situ mereka memutuskan untuk merancang pegangan pintu untuk mencegah penyebaran infeksi tersebut dan meningkatkan kebersihan masyarakat.

Para penemu berharap untuk memproduksi produk secara massal dan membawanya ke ruang publik dalam waktu dekat. Penemuan ini sudah mengumpulkan cukup banyak perhatian. Mereka adalah pemenang di James Dyson Awards.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id