bar-merah

Data sebaran bencana alam sepanjang 2021

bencana alam
Bencana longsor yang terjadi di ruas jalan Kotamobagu - Manado pada awal Desember 2021. (Foto: Marshal Datundungon)

ZONAUTARA.com – Dalam sepekan terakhir banyak wilayah di Indonesia yang dilanda bencana alam. Bencana yang terjadi mulai dari letusan gunung api, banjir, longsor, terjangan gelombang pasang dan abrasi serta jenis bencana alam lainnya.

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Hal ini karena letak geografis Indonesia serta topologi wilayah Indonesia yang berpotensi terjadinya bencana alam.

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah gunung api terbanyak di dunia. Jika erupsi, gunung api dapat menyebabkan kerusakan yang besar serta menimbulkan korban jiwa, seperti yang terjadi pada erupsi gunung api Semeru. Sebagai negara tropis curah hujan di Indonesia tinggi dan di waktu-wakktu tertentu memicu bencana alam banjir dan longsor.

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diakses pada 9 Desember 2021, sejak Januari hingga pekan kedua Desember, telah terjadi sebanyak 1.765 kali bencana alam di seluruh wilayah Indonesia. Terbanyak merupakan bencana alam banjir disusul bencana terjangan puting beliung. Total korban jiwa akibat bencana alam sepanjang 2021 ini sudah mencapai 781 jiwa dan 73 orang hilang, dengan total korban lainnya (terluka, menderita dan mengungsi) mencapai 4,8 juta jiwa.

Berikut data sebaran bencana alam di Indonesia hingga pekan kedua Desember yang diakses di situs  BNPB.




Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com