ZONAUTARA.comPekerjaan yang Anda lakoni saat ini mungkin menuntut anda untuk melakukan ini dan itu, menyelesaikan banyak hal. Kesulitan itu selalu bertambah banyak tiap hari dan tak bisa anda hindari.

Beberapa tips di bawah ini bisa anda lakukan untuk mengatasi kesulitan di tempat kerja.

Tetapkan tujuan yang realistis untuk pekerjaan anda

Tidak dapat dihindari bahwa apa yang kita alami di luar pekerjaan memengaruhi output atau energi kita di tempat kerja. Anda perlu mengomunikasikan kendala anda pada atasan, dan tetapkan tujuan yang sesuai dengan kapasitas anda secara realistis.

Kelilingi diri anda dengan dukungan

Beberapa orang merasa kesulitan karena ia mengasingkan diri. Anda perlu membiarkan diri terhubung dengan orang terdekat atau orang yang anda percayai.

Elizabeth Cohen, Ph.D., seorang psikolog klinis mengatakan bahwa terkadang yang paling kita butuhkan adalah seseorang untuk membantu memvalidasi perasaan kita, tetapi tidak apa-apa jika anda merasa tidak nyaman berbagi detail dengan orang yang bekerja dengan Anda.

Anda bisa terhubung dengan teman atau orang yang anda cintai saat pekerjaan selesai.

Utamakan self-care

Di masa sulit, merawat diri seperti melakukan hal yang sia-sia dan tak berhubungan dengan pekerjaan anda. Tapi para ahli setuju bahwa tindakan paling sederhana yang menyenangkan diri anda bisa mempengaruhi kesejahteraan hati dan pikiran.

Terbuka dengan atasan dan rekan kerja

Jika Anda mengatur jadwal yang fleksibel, maka pastikan manajer anda tahu cara menghubungi saat anda tidak di kantor. Penting juga untuk memberi tahu orang-orang kapan anda akan offline dan tidak akan memeriksa email atau SMS.

Hal ini akan membuat anda lebih tenang dalam menjalankan aktivitas pribadi.

Istirahat di tengah pekerjaan

Mungkin istirahat di tengah pekerjaan yang menumpuk terdengar seperti hambatan, namun mengambil istirahat sejenak untuk memulihkan dan mengisi semangat anda kembali pun sebetulnya penting.

Lakukan meditasi selama 10-15 menit ketika penat mulai menghampiri anda.