ZONAUTARA.com – Penuaan merupakan sebuah perjalanan biologis yang haruslah dihadapi. Namun, ada kekhawatiran tersendiri ketika kita semakin tua. Peningkatan populasi masyarakat yang lebih tua menghasilkan biaya perawatan kesehatan yang lebih tinggi dan tenaga kerja yang kurang produktif.

Ada banyak domain yang dulu diperuntukkan bagi kaum muda yang kini bisa juga dilakukan oleh orang dewasa yang sudah lanjut usia. Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran hingga usia tua adalah salah satunya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Physiology dengan judul Comparable Rates of Integrated Myofibrillar Protein Synthesis Between Endurance-Trained Master Athletes and Untrained Older Individuals menemukan bahwa membangun massa otot di usia 70-an dan 80-an merupakan hal yang penting.

Alasan terlalu tua untuk berolahraga kini hilang sudah. Tim peneliti di University of Birmingham memberikan pelacak isotop kepada dua kelompok, satu terdiri dari pemula angkat besi dan yang lain atlet yang telah melatih sepanjang hidup mereka. Setiap kelompok kemudian menyelesaikan satu sesi latihan.

Tim penelitian yang dipimpin oleh Dr. Leigh Breen, membandingkan kondisi istirahat dan aktivitas yang diinduksi setiap peserta selama periode 48 jam, dengan fokus pada sintesis protein myofibrillar terintegrasi (iMyoPS). Awalnya, para peneliti percaya atlet berpengalaman akan memiliki peningkatan kemampuan untuk membangun otot di atas rekan-rekan mereka yang tidak banyak bergerak. Ternyata tidak demikian.

Berolahraga teratur

Studi tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa tidak masalah jika Anda belum berolahraga secara teratur sepanjang hidup anda, anda masih dapat memperoleh manfaat dari olahraga kapan pun anda mulai.

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan massa otot rangka. Pelatihan resistensi adalah solusi yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengangkat air dan jerami. Sayangnya, kenyamanan dalam kehidupan modern telah memungkinkan kita untuk tidak bergerak.

Seperti yang dicatat Breen, ada banyak cara untuk mengintegrasikan latihan ketahanan ke dalam hidup Anda. Tidak semua dari mereka membutuhkan rip out set di gym. Kegiatan sehari-hari seperti membawa belanjaan (dan cucu) membantu mengimbangi penurunan fisik. Kuncinya adalah struktur.

Kebugaran penting sepanjang hidup, terutama mengingat bukti biaya perawatan kesehatan berlebih yang dapat dihindari jika kita makan lebih baik dan lebih banyak bergerak. Hasil dari studi ini mengingatkan kita bahwa tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id